Prabowo-Gibran Dapat 16 Juta Suara di Jatim, Saksi Anies dan Ganjar Ogah Tanda Tangan

Nusantaratv.com - 13 Maret 2024

Prabowo-Gibran. (Antara)
Prabowo-Gibran. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ketua KPU Jawa Timur (Jatim), Aang Kunaifi, mengungkapkan saksi pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan saksi capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, tak mau menandatangani hasil rekapitulasi Pilpres 2024 di Jatim. Aang mengungkapkan hal itu kala KPU menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional.

Komisioner KPU, August Mellaz, awalnya meminta Aang agar menyampaikan keberatan dari saksi Anies-Cak Imin dan saksi Ganjar-Mahfud secara singkat.

"Nanti tidak harus detail-detail, gambaran umum saja, catatan forum khusus untuk presiden, DPR, DPD. Nanti detail-detailnya saat sudah masuk ke (penghitungan suara) pilpres, kita akan bahas itu," ujar August kepada Aang di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2024).

Aang menuturkan, saksi Anies-Imin keberatan untuk tanda tangan karena beberapa alasan. Pertama, saksi Anies-Imin merasa banyak kejanggalan dalam proses input data hasil Pilpres 2024 di banyak TPS. Salah input ini lalu berlanjut di tingkat kecamatan hingga tingkat kota.

Saksi Anies-Imin merasa Bawaslu tak menjalankan fungsinya dengan benar. Sebab, saksi Anies-Cak Imin membuat laporan terkait adanya money politic, intimidasi terhadap saksi di TPS, serta penggelembungan suara salah satu paslon Pilprss 2024.

"Ketiga, pembiaran oleh Bawaslu atas terjadinya kecurangan di hampir semua daerah. Sehingga (saksi) paslon 1 tidak bersedia menandatangani berita acara rekapitulasi di tingkat provinsi," kata Aang.

Sementara, saksi Ganjar-Mahfud tidak menandatangani hasil perolehan suara Pipres 2024 di tingkat kecamatan se-Jawa Timur. Dengan demikian, saksi Ganjar-Mahfud juga tidak menandatangani perolehan suara Pilpres 2024 di tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Untuk yang tidak menandatangani, selain saksi paslon 1, dari saksi paslon 3 kaitannya dengan keberatan bahwa itu seiring dengan keberadaan saksi paslon 3 di 666 kecamatan se-Jatim tidak tanda tangan, kemudian 37 kabupaten/kota yang hadir dari paslon 3 tidak tanda tangan, kecuali saksi dari Kabupaten Bangkalan, itu ikut tanda tangan," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close