Prabowo dan Anies Sepakat Bakal Bentuk Kementerian Budaya

Nusantaratv.com - 04 Februari 2024

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan bahwa peran budaya di Indonesia sangat penting. Menurut Prabowo, budaya adalah karakter bangsa.

Untuk diketahui, budaya menjadi salah satu tema yang dibahas dalam Debat Capres terakhir yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024) malam.

Bicara soal budaya berawal dari pertanyaan tentang komersialisasi budaya dan kebebasan berekspresi pun dilontarkan sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasojo kepada Prabowo Subianto.

Prabowo pun mengusulkan untuk menyiapkan dana abadi budaya untuk mendukung para pelaku seni budaya di semua bidang.

Di samping itu, ia tak setuju bila negara hanya berperan sebagai regulator, tetapi harus menjadi pelopor dalam perlindungan budaya.

"Tanpa kita membanggakan, menghormati, melestarikan budaya kita sendiri, hilang jati diri kita sebagai bangsa. Semua bidang harus kita bantu, kita lindungi," kata Prabowo.

"Intervensi bila perlu, bekerja untuk rakyat. Di bidang budaya, pemerintah juga harus di depan, menjaga melestarikan semua budaya di semua bidang," ucap Prabowo.

Sementara itu capres nomor urut 1, Anies Baswedan mengungkapkan pentingnya membangun kebudayaan. Karena itu, Ia berpendapat bahwa yang perlu dilakukan pemerintah adalah menciptakan ekosistem yang sehat agar budayawan bisa memunculkan ekspresinya.

Akan tetapi capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menampik usulan Prabowo Subianto soal pentingnya membangun kebudayaan. Menurutnya pemerintah hanya perlu memfasilitasi para pelaku seni budaya untuk berkarya.

"Maka, budaya akan tumbuh dan pemerintah bisa melihat bagaimana proses kreatif itu berjalan, apakah itu nyanyi, apa film maker, apa penulis buku, pencipta lagu, semuanya sehingga terhadap mereka perlu dilindungi," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close