PP Muhammadiyah Gelar Salat Idul Fitri 1444 H

Nusantaratv.com - 21 April 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri jatuh pada Jumat 21 April 2023. PP Muhammadiyah pun menggelar salat Idul Fitri pagi ini.

Pada pukul 06.25 WIB, jemaah mulai berdatangan di Kantor PP Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat. Sejumlah jemaah tampak mengikuti salat Id di ruas jalan lantaran halaman parkir yang telah penuh.

Petugas keamanan terlihat mengatur lalu lintas agar separuh jalan dapat digunakan warga untuk salat. Walau begitu, ruas jalan di depan PP Muhammadiyah belum dilakukan penutupan.

Imam salat Id di PP Muhammadiyah dipimpin oleh Muhammad Choirin yang merupakan Penyelenggara Takmir masjid Attanwir. Sekretaris Masjid Attanwir, Zainal Abidin mengatakan lapangan parkir PP Muhammadiyah dapat menampung hingga 1.200 jemaah.

"Persiapan kami dalam pelaksanaan salat pagi ini yang pertama kami melaksanakan salat ini di lapangan parkir Gedung Dakwah Pimpimpan Pusat Muhammadiyah, Insyaalah lapangan parkir ini bisa menampung antara 1.000-1.200 jemaah," ujar Zainal Abidin kepada wartawan di Kantor PP Muhmmadiyah.

Ia mengatakan pimpinan PP Muhmmadiyah juga akan mengikuti salat Id di halaman parkir PP Muhmmadiyah. "Dalam pelaksanaan ini Insyaalah sesuai dengan, ada beberapa ketua dan anggota pimpinanan majelis dan lembaga Pimpinan Pusat Muhamadiyah akan ikut serta dalam salat ini," ujarnya.

Diketahui, terjadi perbedaan penetapan waktu Idul Fitri 2023. Muhammadiyah lebih dulu menetapkan Idul Fitri jatuh pada Jumat (21/4/2023).

Sementara, pemerintah lewat sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

"Jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas dalam konferensi pers di kantor Kemenag, Kamis (20/4/2023).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close