Positif Covid-19, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Minta Hasil Seleksi KPID Ditunda

Nusantaratv.com - 02 Maret 2022

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting/ist
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting terkonfirmasi positif covid-19. Baskami sudah sepekan menjalani isolasi mandiri di kediamannya. 

Kondisi ini mengakibatkan pembahasan lanjutan tentang polemik seleksi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut menjadi tertunda. Sedianya soal seleksi KPID Sumut dibahas pada 27 Februari lalu. Namun dikarenakan Baskami Ginting terinfeksi covid-19 akhirnya ditunda.

"Sudah seminggu saya isoman (isolasi mandiri) di rumah. Jadi pembahasan KPID yang seharusnya pada 27 Februari kemarin ditunda," ujar Baskami, Rabu (2/3/2022).

"Setelah selesai saya isoman akan dilakukan penjadwalan ulang," imbuhnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan pembahasan polemik itu merupakan tindaklanjut atas laporan sejumlah calon komisioner KPID kepada dirinya beberapa waktu lalu.

Baskami menjelaskan pembahasan polemik seleksi calon KPID Sumut akan dilakukan bersama seluruh unsur pimpinan dewan dan Komisi A yang melakukan fit and proper tes atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap kandidat.

"Pembahasan akan dilakukan setelah semua lengkap, biar tidak ada saling mencurigai," ujarnya.

Seperti diberitakan setelah Komisi A DPRD Sumut mengumumkan tujuh nama calon anggota KPID Sumut terpilih, terjadi penolakan.

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut menyatakan dengan tegas menolak hasil seleksi KPID dan meminta dilakukan pemilihan ulang karena ditemukan banyak kejanggalan.

Baskami Ginting juga memastikan tidak akan menandatangani hasil seleksi pemilihan tujuh komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut.

Pasalnya hingga kini hasil dari pemilihan komisioner KPID tersebut oleh Komisi A DPRD Sumut, justru menimbulkan polemik.

"Ini tidak akan saya teken sebelum semua selesai," kata Baskami, saat menerima lima calon komisioner KPID Sumut pada awal Februari lalu.

Baskami menyampaikan hingga kini dirinya belum ada menerima laporan dari Komisi A mengenai hasil pemilihan tujuh nama calon komisioner KPID Sumut.

Ia juga mengaku telah menerima surat keberatan dan penolakkan hasil seleksi KPID tersebut dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut.

Menurut Baskami Fraksi PDI Perjuangan merupakan fraksi besar, sehingga keberatannya akan ia jadikan pertimbangan.

"Saya akan terima masukan dari semua pihak, saya butuh masukan," ucapnya.

Baskami mengungkapkan, dirinya telah mengingatkan kepada Komisi A DPRD Sumut agar memproses pemilihan komisioner KPID Sumut sesuai aturan.

Ia juga menegaskan selaku pimpinan dewan, sejak awal tidak pernah mencampuri proses pemilihan komisioner KPID Sumut.

Sebelumnya, sejumlah calob komisioner KPID Sumut melaporkan Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto ke Badan Kehormatan Dewan (BKD), pada Rabu (2/2/2022).

Salah seorang calon komisioner KPID Sumut, Valdesz Junianto Nainggolan menyebutkan dalam laporan tersebut turut menyinggung pernyataan Hendro Susanto yang dinilai menciderai perasaan para peserta dengan menyebut komisioner KPID Sumut terpilih merupakan mereka yang memiliki semangat memperbaiki dunia penyiaran. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close