Polri: 5.978 Kendaraan Langgar Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran

Nusantaratv.com - 07 April 2024

Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat. (Foto:ANTARA)
Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat. (Foto:ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, menyampaikan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada H-3 Idul Fitri 1445H/2024 M berlangsung aman, tertib, dan terkendali.

"Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 pada Minggu, 7 April 2024, secara umum dalam keadaan aman, tertib, dan terkendali," ujar Trunoyudo

Selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2024, tercatat 946 kejadian gangguan kamtibmas, delapan kasus pelanggaran, sembilan kejadian bencana alam, serta 34 kejadian gangguan ketentraman. Namun demikian, kecelakaan tetap menjadi perhatian dengan 213 kejadian, menyebabkan 23 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka.

Trunoyudo juga menyebut bahwa Polri telah melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas sebanyak 5.978 kejadian, dengan rincian 4.620 teguran dan 1.358 tilang elektronik.

Dalam menghadapi lonjakan calon pemudik di ruas jalan tol, Polri tetap siap mengantisipasinya. Pada hari Minggu, sebanyak 95.396 unit kendaraan keluar dari Jakarta melalui lima gerbang tol, sementara kendaraan yang masuk ke Jakarta mencapai 83.908 unit.

Polri mengimbau pemudik agar memanfaatkan rest area selama 30 menit saat melintasi jalan tol. Apabila rest area penuh, mereka dapat keluar menuju jalan arteri untuk beristirahat tanpa penambahan tarif tol.

“Kami tak henti-hentinya mengimbau masyarakat tidak menggunakan bahu jalan untuk beristirahat karena membahayakan diri maupun orang lain, serta menghambat perjalanan pemudik lainnya,” katanya.

Trunoyudo menegaskan bahwa Polri siap melayani dan mengamankan seluruh pemudik, sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas terwujud dengan baik. Ia juga mengimbau pemudik untuk memastikan kondisi fisik dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan serta memastikan saldo uang elektronik mencukupi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close