Polrestabes Makassar Gerebek Bengkel Perakitan Knalpot Brong

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib (kiri) melihat seratusan knalpot brong yang disita petugas usai pengerebekan bengkel knalpot di Jalan Perintis Kemerdekaan, di halaman belakang kantor Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Darwin Fatir.
Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib (kiri) melihat seratusan knalpot brong yang disita petugas usai pengerebekan bengkel knalpot di Jalan Perintis Kemerdekaan, di halaman belakang kantor Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Darwin Fatir.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Tim Polrestabes Makassar menggerebek bengkel perakitan knalpot brong di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanre dengan menyita seratusan knalpot siap pakai dan siap jual di lokasi setempat.

"Dari informasi di bengkel itu bisa langsung dipasangkan knalpot racing atau brong. Ternyata betul, setelah ditindaklanjuti kami dapati banyak sekali knalpot brong," ungkap Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Saat tim berada di sana, ditemukan ada beberapa pengendara memasang knalpot brong serta ada beberapa yang sudah dirakit dan siap dipakai pengendara.

"Ada beberapa sepeda motor dipasangkan knalpot brong di situ. Jadi tindakan yang kami lakukan mengamankan semua knalpot yang tidak sesuai standar. Dan tentunya kami kembangkan lagi suatu pelanggaran yang dilakukan pelaku (pemilik bengkel) itu," tuturnya menegaskan.
Mantan Kapolres Kota Palembang ini menekankan pemilik bengkel tersebut sudah diperiksa dan dimintai keterangan. Selain itu penyidik masih terus mendalami motif dan tujuan membuka bengkel khusus memodifikasi knalpot brong, menjual, membuat dan memasang yang dampaknya meresahkan masyarakat.

"Pemilik bengkel dan pekerja masih dalam pemeriksaan penyidik. Ada tiga orang. Nanti kita lihat hasil pemeriksaan, penerapan pasalnya apakah ditahan, nanti kita lihat," ujarnya.

Barang yang disita seratusan knalpot brong, alat pemotong, tabung gas untuk digunakan mengelas merakit knalpot. Untuk masa operasi bengkel tersebut, ungkap Kapolres sekitar empat sampai lima tahun.

"Kami memperingatkan kepada penjual knalpot brong, di situ menjual, membuat dan memasangkan, menggunakan tanpa izin, dan tidak menggunakan knalpot standar, maka kami tindak," paparnya kembali menegaskan.

Sedangkan bagi masyarakat diimbau tetap menggunakan knalpot standar, sebab bila ditemukan memakai knalpot brong bukan standar, selain melanggar, juga mengganggu dan meresahkan ketentraman masyarakat, maka langsung ditilang di tempat.

Sebelumnya, Satuan Lalulintas Polrestabes Makassar menjaring sebanyak 426 unit kendaraan bermotor roda dua karena menggunakan knalpot brong atau racing yang dianggap mengganggu pendengaran serta kendaraan yang melanggar aturan lalulintas.

"Ratusan kendaraan ini kami tilang dan disita selama tiga bulan ke depan dan wajib mengganti dengan knalpot standar sebelum diambil untuk dikeluarkan dari Polres," ujar Kepala Satlantas Polrestabes Makassar Kompol Amin Toha di Makassar.

Tilang disertai penindakan dan menyita kendaraan tersebut sebagai bentuk efek jera kepada para pelanggar lalulintas karena selain mengganggu pengguna jalan dan masyarakat terkait pendengaran termasuk melanggar aturan Undang-undang Lalulitas nomor 22 tahun 2009.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])