Polres Metro Jakarta Barat Gagalkan Penyelundupan Ganja Sebesar 752 KG

Nusantaratv.com - 15/06/2022 15:51

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan. (Doc. tweet PoldaMetroJaya)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan. (Doc. tweet PoldaMetroJaya)

Penulis: Bayu Koosyadi

Nusantaratv.com - Jajaran Polres Metro Jakarta Barat menggagalkan penyelundupan kasus narkoba dengan jumlah yang cukup besar yang berasal dari Pulau Sumatera. Dalam kasus ini, polisi mendapati barang bukti 752 kilogram ganja yang merupakan pengembangan kasus sebelumnya. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan menjelaskan, dalam kasus ini petugas mengamankan satu orang tersangka yang diduga kurir yang membawa ratusan kilogram ganja tersebut. 

"Pelaku diamankan di Jalan Lintas Sumatera Dusun Pinyongek Desa, Ranjau Batu, Kecamatan Muara Sipongi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara," ungkap Zulpan pada sesi konferensi pers kasus di Mapolres Metro Jakarta Barat, Rabu (15/6/2022).

Dalam proses pemeriksaan, diketahui tersangka NP (29) yang merupakan kurir tersebut diperintahkan seorang laki-laki dengan inisial TA yang kini berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO). 

NP diperintah untuk mengambil barang berupa narkotika jenis ganja dengan menggunakan kendaraan mobil dan menyuplai ratusan kilogram ganja tersebut di dua wilayah yakni Jakarta dan Padang.

"Keterangan pelaku narkotika jenis ganja tersebut akan dikirim ke Padang dan Jakarta untuk diedarkan," lanjutnya.

Dengan tugas menyuplai ratusan kilogram ganja tersebut, tersangka NP mengaku mendapatkan upah sebesar Rp15 juta untuk sekali antar. "Pelaku NP mendapatkan upah sebesar Rp15 juta sekali pengiriman narkotika jenis ganja," tambah Zulpan.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol. Pasma Royce mengatakan pengungkapan ini merupakan hasil pengembangan kasus jaringan sebelumnya yang kemudian barang bukti digabung ada sebanyak 752 kilogram ganja kering yang  diamankan.

"Kita jangan sampai menyalahgunakan narkoba tersebut karena itu sangat berbahaya," tegas Pasma. 

Sedangkan Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Akmal menjelaskan, pelaku termasuk dari salah satu anggota jaringan lintas provinsi. Sindikat tersebut mengemas narkoba jenis daun ganja tersebut dalam bentuk ball dalam balutan lakban dan kemudian dimasukkan kedalam karung. 

Akmal mengatakan pihaknya akan menyelidiki ganja yang mungkin masih ada di ladang Pegunungan Sumatera. "Kami tidak akan tinggal diam dan akan melanjutkan kembali ke langkah penyelidikan lebih lanjut ditingkat ladang," tukas Akmal.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 114 Ayat (2) Sub Pasal 111 ayat (2) UU RI Nomor.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Madu-1665107278
Presiden AS Joe Biden-1665106711
Ilustrasi-1665102890