Polres Bengkayang: Keamanan Berperan Wujudkan Pemulihan Ekonomi

Nusantaratv.com - 23 November 2022

Kapolres Bengkayang, AKBP Bayu Suseno (ANTARA/Wati)
Kapolres Bengkayang, AKBP Bayu Suseno (ANTARA/Wati)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Kapolres Bengkayang Kalimantan Barat AKBP Bayu Suseno mengatakan keamanan dan ketertiban memiliki peranan penting untuk mewujudkan pemulihan ekonomi agar investasi dan lainnya bisa berjalan normal.

"Investasi, keamanan, dan ketertiban masyarakat sangat berperan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi daerah. Untuk mewujudkan investasi dan keamanan ketertiban masyarakat itu perlu kerjasama dan peran semua pihak," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menjelaskan untuk menghadirkan ketertiban di tengah masyarakat, penerapan aturan-aturan yang berlaku dalam investasi harus menjadi perhatian serius agar tidak ada permasalahan dengan warga masyarakat sekitar.

"Tidak sedikit investasi dari pihak perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Bengkayang yang masih mengalami permasalahan dengan masyarakat sekitar, sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan kamtibmas. Hal ini tentu tidak diinginkan karena dapat menimbulkan kerugian materi atau bahkan nyawa baik dari pihak investor maupun masyarakat," jelas dia.

Ia berharap agar ke depan tidak ada lagi investor yang berinvestasi di Kabupaten Bengkayang tidak memenuhi persyaratan dan aturan-aturan yang berlaku. Itu perlu ditekankan, agar semuanya dapat berjalan dengan baik, aman dan damai.

"Kepada masyarakat agar jangan melakukan perbuatan pidana dengan alasan masalah-masalah perdata atau administrasi yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan. Karena hal ini justru akan merugikan diri sendiri karena setiap perbuatan melawan hukum maka harus dipertanggungjawabkan di muka hukum pula," jelas dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal mengatakan bahwa investasi disebut sebagai tulang punggung perekonomian bukan sekedar meningkatkan lapangan kerja, bisa memproduksi barang dan jasa.

"Investasi juga menjadi kebutuhan vital sebab keberadaannya dapat menopang pembangunan keberlanjutan, menciptakan nilai tambah bahkan mewujudkan demokrasi ekonomi," jelas dia.

Sebelumnya, Kepolisian Resor Bengkayang menggelar Forum Grup Discussion (FGD) dalam rangka investasi dan keamanan serta ketertiban masyarakat guna mewujudkan pemulihan ekonomi daerah Kabupaten Bengkayang.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close