Politikus PPP Ini Bakal Dilantik Jadi Hakim MK

Nusantaratv.com - 15 Januari 2024

Arsul Sani. (Net)
Arsul Sani. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Politikus yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Arsul Sani, bakal dilantik menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pada 17 Januari 2024 mendatang. Arsul berjanji akan menjunjung independensi kala menjadi hakim.

"Kalau melihat tanggal pensiunnya Pak Wahiduddin, 17 Januari. Kan selalu itu kan kalau hakim MK, sepanjang (pensiun) di hari kerja, pas hari pensiun itu pelantikan," ujar Arsul Sani di gedung MK, Rabu (10/1/2024). 

Arsul berjanji memegang prinsip independensi dan imparsialitas apabila nanti dilantik menjadi hakim konstitusi, kendati saat ini dia menjadi legislator. 

"Yang namanya fondasi hakim, satu, independensi; dua, imparsialitas. Independensi itu dia harus jaga jarak dengan pihak yang berkepentingan. Imparsialitas itu harus adil dengan siapa pun," jelas dia. 

Arsul mengaku saat ini dia masih menunggu kepastian dan surat dari Sekretariat Negara maupun Kesekjenan MK. Hingga kini, Arsul masih menjalankan tugas sebagai anggota Komisi III DPR RI.

"Persiapan khusus tidak ada. Tentu kan saya sebagai hakim konstitusi terpilih dari DPR kan menunggu pemberitahuan dari Sekretariat Negara dan Kesekjenan MK terkait dengan jadwal pelantikan. Tapi beberapa hal saya lakukan, pertama menyelesaikan tugas di DPR, tugas legislasi dan kemudian menyampaikan ke Komisi III catatan-catatan termasuk UU MK yang sedang dibahas," papar dia.

Lebih lanjut, Arsul mengaku banyak yang mencurigainya kala ditunjuk untuk menjadi anggota hakim MK dari DPR. Tapi Arsul menyebut penilaian dilakukan setelah dia bekerja.

"Saya lihat di beberapa medsos saya dihantemi oleh Refly Harun, oleh ini. Lah mulai saja belum. 'Nanti nggak independen, nanti apa'. Independen atau nggak sih nanti bisa dilihat dalam proses persidangan. Kalau sekarang ini kalau dicurigai, monggo saja. Ini negara demokrasi," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close