Politik Semakin Riuh Mendekati Pemilu 2024, Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Minta Jemaat jadi Pembawa Damai

Nusantaratv.com - 14 Januari 2024

Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th
Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th memberi pesan khusus kepada jemaat terutama Naposobulung untuk menjadi pembawa damai dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar kontestasi politik lima tahunan yang akan ditentukan pada 14 Februari mendatang dapat berjalan dalam suasana sejuk dan kondusif. 

Pesan khusus tersebut disampaikan Praeses di sela-sela acara Bonataon dan Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta dan Launching Tahun Oikumene Inklusif yang mengusung tema: HKBP Proaktif Menghadirkan Kebaikan Allah bagi Semua (Matius 5:45).

"Bulan depan kita akan mengikuti Pemilu biarlah semua Pemuda HKBP di Distrik VIII DKI Jakarta ini aktif. Karena lewat itu juga kita boleh menghadirkan kebaikan-kebaikan Allah. Dengan memilih pemimpin yang mengayomi, yang membawa perubahan-perubahan 
dan kemajuan-kemajuan di tengah-tengah bangsa kita dan demikian juga dengan para legislatif kita," kata Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th.

Menurut Praeses pemuda itu menjadi saluran untuk menghadirkan kebaikan Allah dengan memilih mereka-mereka yang diharapkan bisa berbuat kepada bangsa utamanya bagi gereja.

"Demikian juga jika kita memiliki sesuatu untuk kita bagikan kepada sesama. Ini juga kita harus hadir karena kebaikan yang kita punya adalah bersumber dari Allah. Maka berbagilah kepada setiap orang. 

Praeses menyadari dinamika politik di Tanah Air semakin riuh jika tidak ingin disebut 'panas'. Karenanya kembali ia mengimbau kepada seluruh jemaat HKBP khususnya Naposobulung untuk hadir sebagai pembawa damai.

"Kalau hari ini kita lihat gejala atau fenomena politik kita semakin riuh kalau tidak mau kita sebut panas. Karena itu marilah kita menghadirkan diri kita sebagai orang-orang yang memenangkan pemilu dengan damai, dengan sejuk, bersahabat.

Baca juga: Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Ucapkan Terimakasih kepada Sondang Tampubolon yang Mensuport Acara Bonataon dan Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta 2024

"Tanpa menghadirkan tindakan yang bisa membuat semakin ramai atau semakin panas. Hadirlah sebagai pembawa-pembawa damai. Pembawa kesejukan. Lakukanlah Pemilu dengan damai, dengan sejuk dengan bergembira sebagai bentuk bahwa kita hadir sebagai pembawa damai kebaikan Allah," imbuhnya.

 

"Kita hadir membawa damai, sejuk dan bolehlah kita mengikuti pemilu damai ini dengan adil jujur. Tenntunya merupakan pertolongan Tuhan," lanjutnya. 

Praeses menyampaikan imbauan ini sejalan dengan fokus Program Oikumene Inklusif HKBP di 2024. 

"Jadi sebagai dimensi Oikumene kita sebagai warga HKBP kita harus menjalin kerjasama dengan semua denominasi gereja," tuturnya. 

"Tetapi sebagai anak bangsa kita juga harus melihat bahwa kita hidup dalam satu rumah Negara Kesatuan Republik Indonesia itulah sasaran oikomene inklusif kita bersama gereja khususnya HKBP. Kemuliaan kepada gereja-gereja lain denominasi. Tentunya kepada agama-agama lain kita beroikumene secara inklusif," pungkasnya. 

Acara Bonaton dan Natal Naposobulung Distrik VIII DKI Jakarta berlangsung khidmat dan penuh sukacita. Khotbah Natal dibawakan oleh Pdt Marudut Lumban Gaol S.Th (Praeses HKI Daerah VII Pulau Jawa-Bali-Kalimantan). Turut hadir Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, M.Th, Kepala Bidang Koinonia HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt Ridoi br Batubara S.Th.M.Pdk, Kepala Bidang Diakonia HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt Tiominar H br Ujung S.Th.M.Pdk dan Ketua Panitia Ferdinand Daniel C Sibarani (Ketua PND VIII DKI Jakarta) serta para pendeta dari gereja-gereja di bawah naungan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close