Politik Identitas Ancam Demokrasi

Nusantaratv.com - 04/12/2022 19:43

Forum Group Discussion (FGD) yang dihelat Aliansi Bela Garuda
Forum Group Discussion (FGD) yang dihelat Aliansi Bela Garuda

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Jelang memasuki tahun politik 2024, sudut pandang generasi muda Indonesia mulai dibumbui dengan berbagai informasi yang terbilang salah atau hoax lewat kampanye ideologi khilafah, radikalisme dan intoleransi di media sosial.

Tentunya hal ini perlu disaring dan diantisipasi karena bisa menghancurkan keutuhan berbangsa dan bernegara. Maka Pancasila sebagai ideologi tetap harus dipertahankan untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Lima sila Pancasila diterima semua agama yang ada di Indonesia. Pancasila tidak bertentangan dengan Islam, bahkan sesuai dan selaras dengan ajaran Islam," kata Anggota DPR/MPR  RI, Drs HM Idham Samawi dalam Forum Group Discussion (FGD) yang dihelat Aliansi Bela Garuda (ABG), Sabtu (3/12) di Hotel Musafira Jalan Surokarsan Yogya.

Idham Samawi juga menjelaskan soal sikap dan sifat toleransi yang dilakukan Rasulullah dalam menjalani kehidupan. Selain itu, Ia juga membeberkan soal konsep Islam hubungan manusia dengan Allah  (habluminallah) dan hubungan manusia dengan manusia (habluminannas) yang menurutnya selaras dengan sila Pancasila.

"Bahkan Rasulullah dalam Piagam Madinah juga memberikan toleransi pada umat beragama lainnya. Islam mengajakan Tauhid, kemanusiaan, ukhuwah (persatuan), musyawarah juga sosial peduli kaum dhuafa dan yatim," ungkapnya.

Sementara itu, Pengamat Hukum dan Keamanan, Rakyan Adibrata mengatakan, politik memang tidak bisa lepas dengan identitas. Akan tetapi, tetap tidak bisa di satukan.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in