Polisi Tembak Mati Anggota KKB Lerinus Murib

Nusantaratv.com - 30 Mei 2022

KKB Papua. (Net)
KKB Papua. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Satgas Ops Damai Cartenz menyebut telah menembak mati satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Lerinus Murib dalam kontak senjata di sekitar lapangan Trikotra Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (27/5/2022). Kontak senjata tersebut terjadi kala personel Satgas sedang melakukan patroli di sekitar lapangan tersebut yang sedang melaksanakan kegiatan bakar batu.

"Benar ada satu anggota KKB yang meninggal dunia, yakni atas nama Lerinus Murib. Anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib," ujar Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Senin (30/5/2022).

Kamal menyebutkan Murib diduga terlibat dalam lima aksi kekerasan, yaitu pembakaran tiga sekolah di kampung Julukoma, Distrik Beoga pada 8 April 2021.

Kemudian, pembunuhan lima warga di Kampung Niporolome pada 4 Juni 2021. Salah satu yang meninggal dunia ialah Kepala Kampung setempat bernama patianus Kogoya.

Lalu, pada 27 Januari 2022 Murib terlibat kontak tembak dengan anggota TNI Yonif R 408/SBH di Distrik Gome yang mengakibatkan tiga prajurit TNI meninggal dunia.

Selain itu, Murib juga terlibat dalam penyerangan karyawan dan warga sipil di Kamp Palapa Timur Telematika pada 1 Maret lalu. Terakhir, Murib terlibat aksi pembakaran kantor PT Martha Tunggal Teknik (MTT) yang berada di Distrik Ilaga pada 22 April.

Menurut Kamal kematian Lerinus Murib dalam kontak senjata itu teridentifikasi dari hasil laporan warga. Namun, jenazah tak ditemukan karena dibawa anggota KKB yang lain.

"Jenazah anggota KKB tersebut sudah dibawa oleh rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai dan sudah mereka bakar pada Jumat malam Sabtu," jelasnya, mengutip CNNIndonesia.com.

Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) terkait kematian anggotanya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close