Polisi: Tak Ada Sanksi ke Pelanggar Uji Coba Gage Tol

Nusantaratv.com - 25 April 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Beberapa kendaraan yang melanggar ketentuan pada uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap (gage) di Gerbang Jalan Tol Cikampek KM 47 takkan diberikan sanksi.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes, Eddy Djunaedi menjelaskan, uji coba ini bagian dari sosialisasi. Atas itu, masyarakat diimbau tidak melanggar dan mulai mengetahui aturan gage yang akan diterapkan selama mudik lebaran.

"Jangan kita jadi petugas yang ada di lapangan ini dihadapkan pada masyarakat yang melanggar. Makanya kita sudah jauh jauh hari, mensosialisasikan ini dengan harapan masyarakat ada kedewasaan bisa memilih waktu berangkat sehingga masyarakat tidak melanggar," ujar Eddy, Senin (25/4/2022).

Eddy mengatakan, pihaknya hanya mengalihkan kendaraan yang tidak sesuai aturan gage dari gerbang Tol Cikampek KM 47 ke jalan arteri. Kendaraan yang dialihkan yakni yang mempunyai plat nomor genap.

"Yang tidak sesuai akan kita alihkan arus ya untuk melewati jalur arteri yang sudah disiapkan. Karena ini uji coba, yang bisa melewati nanti di KM 47 itu hanya kendaraan yang sekarang tanggal ganjil," jelasnya.

Di samping itu, mengalihkan beberapa kendaraan, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas contra flow jika terjadi kepadatan. Jika masih tidak berubah maka akan dilanjutkan dengan diskresi one way atau satu arah.

"Dinamis, kita melihat dari situasi lalin yang berkembang," kata Eddy.

Eddy menuturkan, pihaknya bakal memantau uji coba ini selama kurang lebih tiga jam. Setelah itu, pihaknya akan melakukan evaluasi untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Selesai saya akan melakukan evaluasi dengan stakeholder terkait, apa kelemahan, apa kah perlu nambah kerambuan, sosialisasi," ujar dia.

"Itu yang menjadi catatan, kita rapat kan, kita diskusikan dengan stakeholder terkait untuk perbaikan pada hari besok. Demikian seterusnya, kita upayakan," imbuhnya.

Diketahui, titik masuk dan keluar pintu tol diprediksi bakal menjadi lokasi kemacetan. Karenanya, kepolisian menyiapkan skema one way dan ganjil genap untuk mengurai kemacetan.

Uji coba skema ganjil genap di ruas Jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, mulai Senin (25/4/2022). Kemudian pada Selasa (26/4/2022), ganjil genap akan diterapkan di KM 47 sampai Gerbang Tol Palimanan KM 188 dari pukul 11.00-13.00 WIB.

Kemudian pada Rabu (27/4/2022) ganjil genap dimulai pukul 10.00-17.00 WIB di KM 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 144.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close