Polisi Spanyol dan Italia Tangkap Ratusan Anggota Geng Mafia

Nusantaratv.com - 21 September 2021

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Polisi Spanyol dan Italia telah menangkap 106 anggota geng yang diduga mencuci uang untuk kelompok mafia dan menghasilkan jutaan euro melalui penipuan online.

Dilansir dari Reuters, Selasa (21/9/2021), sebagian besar anggota yang dicurigai adalah warga negara Italia dan sebagian besar penangkapan terjadi di Pulau Canary Spanyol di Tenerife, kata Europol.

Menurut Kepolisian Italia, para tersangka menipu korbannya, yang juga sebagian besar orang Italia, agar mengirimkan sejumlah besar uang ke rekening bank Spanyol yang dikendalikan oleh kelompok tersebut.

Uang tunai itu kemudian dicuci melalui pembelian cryptocurrency atau diinvestasikan kembali dalam berbagai aksi kriminal lainnya seperti prostitusi, narkotika, atau perdagangan senjata.

"Kelompok itu menghasilkan keuntungan sekitar 10 juta euro (Rp167 miliar) tahun lalu," terang Europol.

Anggota organisasi, yang sering menggunakan kekerasan untuk mengintimidasi korban dan memeras uang dari perusahaan dan individu, telah merambah berbagai sektor masyarakat Spanyol, termasuk bank dan firma hukum, kata Kepolisian Nasional Spanyol.

Selama operasi anti-mafia, pihak berwenang Spanyol dan Italia membekukan 118 rekening bank dan menyita 224 kartu kredit dan perkebunan ganja.

Polisi Spanyol mengatakan dua puluh anggota mafia yang ditangkap dikirim ke penjara sambil menunggu penyelidikan yudisial, dengan 18 tersangka di Spanyol dan dua di Italia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])