Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Sentul Saat Rakornas Kepala Daerah

Nusantaratv.com - 16 Januari 2023

Konsep rekayasa lalu lintas di Simpang SICC, Kabupaten Bogor, saat Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia. ANTARA/HO-Humas Polres Bogor
Konsep rekayasa lalu lintas di Simpang SICC, Kabupaten Bogor, saat Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia. ANTARA/HO-Humas Polres Bogor

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Satuan Lalu Lintas Polres Bogor menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitaran Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat pelaksanaan Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia pada Selasa, 17 Januari 2023.

"Pengalihan arus lalu-lintas di Simpang Hotel Harris dalam rangka kegiatan Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional)," ungkap Kepala Unit Turjawali Satlantas Polres Bogor, Inspektur Polisi Satu Ardian Novianto, di Cibinong, Bogor, Senin.

Menurut dia, kendaraan dari arah Sirkuit Sentul yang akan ke pusat perbelanjaan Bellanova melalui SICC dialihkan melalui Jalan Babakanmadang-Sentul City. Kemudian, kendaraan dari arah Babakanmadang yang akan ke Bellanova melalui SICC dialihkan melalui Jalan Sentul City.

Ia menjelaskan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional, tergantung kepadatan volume kendaraan di sekitaran lokasi acara.

"Kemungkinan saat bubaran sama kedatangan (peserta Rakornas) saja. Pada saat acara dimulai, mobil dan semuanya sudah terparkir rapi, arus (lalu lintas) tetap dinormalkan," kata dia. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Bayu Rahmawanto, menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional kepala daerah se-Indonesia.

"Rakornas kembali dilaksanakan di Kabupaten Bogor setelah sebelumnya Rakornas serupa pernah sukses dilaksanakan pada 2019," kata dia. 

Ia menjelaskan, Presiden Joko Widodo diagendakan membuka Rakornas Kepala Daerah tahun 2023 sekaligus memberikan arahan kepada peserta Rakornas.

Rakornas tahun ini mengangkat tema "Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi".

Rakornas tahun ini, kata dia, akan diisi materi mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, investasi dan kemudahan perizinan, penanganan Covid-19, kekerdilan, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, serta stabilitas politik, hukum, keamanan dan pengawasan dari para menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

"Rakornas yang rencananya menghadirkan 2.800 orang akan ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin, yang juga akan memberikan arahan kepada jajaran kepala daerah dan Forkopimda se-Indonesia," ujarnya.

Bayu menerangkan, Pemerintah Kabupaten Bogor selaku tuan rumah telah melakukan serangkaian persiapan, termasuk mengikuti rapat dan meninjau gedung yang dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Suhajar Diantoro, Selasa pekan lalu.

Peninjauan itu dihadiri juga Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, kepala Polres Bogor, komandan Kodim/0621 Kabupaten Bogor, Plt Asisten Administrasi Umum, Kasatpol PP, Camat Babakan Madang, dan perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])