Polisi Periksa Ormas Pencopot Label Gereja di Posko Bantuan Cianjur

Nusantaratv.com - 28 November 2022

Ormas copot label gereja pemberi bantuan korban gempa Cianjur.
Ormas copot label gereja pemberi bantuan korban gempa Cianjur.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi mengaku sudah memanggil oknum anggota organisasi masyarakat (ormas) yang melakukan pencopotan label gereja di posko bantuan untuk korban gempa Cianjur.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan menjelaskan, para pelaku sudah diperiksa dan diambil keterangannya terkait aksi tersebut. 

Doni memastikan pihaknya telah menegur seluruh pelaku yang terlibat dalam kegiatan itu.

"Kita sudah dalami sudah kita panggil saya sudah ketemu dengan ormas ini yang saat itu melakukan pencopotan," ujarnya, Minggu (27/11/2022).

Doni memastikan, aksi pencopotan label bukanlah dilakukan oleh warga setempat yang mengungsi di posko. Tapi dari pihak ormas yang berada di luar wilayah tersebut.

Aksi pencopotan label gereja tersebut dilakukan para pelaku di empat wilayah pengungsian yakni di desa Cibulakan, Desa Genjot, Desa Telaga , dan Desa Sarampad.

"Yang mencopot itu bukan masyarakat pengungsi. Masyarakat pengungsi menerima apa yang diberikan dari kelompok manapun, agama apapun," jelas dia.

Berdasarkan keterangan pelaku, Doni mengatakan yang bersangkutan merasa khawatir ada niat dan tujuan lain yang dilakukan lewat penyaluran bantuan itu.

Kendati demikian, pihaknya sudah menjelaskan kepada ormas tersebut apabila seluruh bantuan yang ada sampai saat ini murni untuk tujuan kemanusiaan.

"Jadi sudah saya tegur, sudah saya pastikan mereka tidak akan melakukan tindakan itu lagi. Semuanya demi kemanusiaan," kata dia.

Sebelumnya beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan deretan tenda biru dengan tulisan dari kertas di atapnya.

Sejumlah orang terlihat membongkar tulisan 'Tim Aksi Kasih Gereja Reformed Injili Indonesia' yang menempel di atap tenda.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])