Polisi Paparkan Strategi Pengamanan Formula E Jakarta

Nusantaratv.com - 02 Juni 2023

'Tactical wall games' yang dipasang saat pemaparan strategi pengamanan Formula E oleh Polda Metro Jaya di Jakarta Internasional E-Prix Circuit (JIEC), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (2/6/2023). ANTARA/Instagram/polres_metro_jakarta_utara
'Tactical wall games' yang dipasang saat pemaparan strategi pengamanan Formula E oleh Polda Metro Jaya di Jakarta Internasional E-Prix Circuit (JIEC), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (2/6/2023). ANTARA/Instagram/polres_metro_jakarta_utara

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Polisi memaparkan strategi pengamanan Formula E menggunakan papan simulasi (tactical wall games) di Jakarta Internasional E-Prix Circuit (JIEC), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Jumat sebagai persiapan menjelang balap mobil listrik pada Sabtu- Minggu (3-4 Juni).

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan beserta Pejabat Utama Polres Metro Jakarta Utara mengikuti pemaparan pengamanan Formula E yang dipimpin  Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto.

"Jadi hari ini kami sampaikan kepada personel-personel yang memang siap untuk pengamanan mendapatkan arahan. Jadi mereka nanti ditentukan posisinya ada di mana, kemudian berbuat apa sesuai dengan tugas masing-masing," kata Gidion di Jakarta Utara, Jumat.

Dalam pengamanan Formula E, akan ada 215 personel gabungan yang diterjunkan. Personel tersebut terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Personel tersebut akan disebar ke seluruh kawasan yang berada di dekat lokasi balapan.

Gidion menambahkan terdapat tiga klaster yang menjadi fokus penempatan personel, di antaranya Hailai Ancol, Jakarta International Stadium (JIS), dan Jakarta International Expo Kemayoran.

Informasi yang diterima pada Jumat menyebutkan jika terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Lodan Raya dan Jalan R E Martadinata, petugas Dinas Perhubungan akan melakukan pengalihan rute khususnya bagi kendaraan-kendaraan besar yang datang dari arah Pluit.

Nantinya kendaraan besar itu akan diarahkan masuk ke Pintu Tol Gedong Panjang 2, dan keluar di Pintu Tol Kebon Bawang, Jalan Yos Sudarso, Koja, Jakarta Utara. Pengalihan itu bersifat situasional

Bagi penonton yang memiliki tiket Premier Suite, disediakan fasilitas parkir di perumahan Coasta Villa Jalan Bukit Golf Raya dan lapangan Kobexindo.

Sementara untuk pemilik tiket Royal Suite 1A disediakan parkir di Jakarta International Stadium (JIS).

Kemudian, bagi pemilik tiket Deluxe Suite 1B dan Corporate Suites disediakan fasilitas parkir di Hailai Ancol.

Lalu pemilik tiket VIP, Grandstand 2A-21 dan Sirkuit Festival disediakan fasilitas parkir di JIExpo Kemayoran.

Dan bagi Penonton E-Prix 2023 yang memarkirkan kendaraannya di Ancol diarahkan parkir di Symphony of The Sea dan disediakan bus antar-jemput (shuttle bus), kemudian kalau fasilitas parkir telah penuh diarahkan ke tempat lain yang telah disediakan.

Dinas Perhubungan DKI menyampaikan akan menyediakan bus antar-jemput (shuttle bus) sebagai alat transportasi penonton Formula E.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, para pengguna jalan diharapkan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])