Polisi ke Pemudik: Balik Lebih Awal atau Tunda Kepulangan!

Nusantaratv.com - 12 April 2024

Kemacetan arus mudik Lebaran 2024. (Antara)
Kemacetan arus mudik Lebaran 2024. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Minggu (14/4/2024) dan Senin (15/4/2024). Atas itu, pemudik yang hendak kembali dari kampung halaman, diimbau melakukan perjalanan sebelum atau sesudah puncak arus balik.

"Mulai hari Minggu dan Senin (prediksi puncak arus mudik terjadi). Makanya kemarin Pak Menhub juga mengimbau untuk balik lebih awal. Mulai hari ini, besok, jangan tunggu puncak," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, Jumat (12/4/2024).

Apabila tak memungkinkan, ia mengimbau para pegawai negeri ataupun swasta dapat menunda kembali ke wilayah Jabodetabek setelah puncak arus balik.

"Atau kami juga mengimbau menunda balik, setelah tanggal 17, 18, 19, tol juga memberi potongan harga di tanggal 17, 18, 19. Manfaatkan itu sehingga tidak semua di puncak arus," kata Aan.

Aan pun menyarankan kementerian, lembaga, hingga swasta dapat memberlakukan penerapan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) kepada pegawainya. Tujuannya mengantisipasi kepadatan saat arus balik.

"Silakan mungkin kementerian, lembaga, swasta, yang mungkin bisa bekerja melalui rumah, work from home itu bisa dilaksanakan," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengusulkan penerapan WFH ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna mencegah kemacetan kendaraan pemudik saat arus balik. Meski begitu, usulan ini baru sebatas wacana. 

"Ini baru diskusi ya, baru diusulkan, mudah-mudahan Presiden setuju. Kalau itu berhasil (disetujui), berarti bisa kerja secara online dari tempatnya masing-masing," jelas Budi, Kamis (11/4/2024).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close