Polisi Janji Jaga Rumah Warga yang Ditinggal Mudik Lebaran

Nusantaratv.com - 19 Maret 2024

Ilustrasi. (Antara)
Ilustrasi. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polri bakal melakukan pengamanan saat periode mudik Lebaran 2024. Pengamanan dilakukan melalui Operasi Ketupat 2024 yang dimulai secara serentak pada 4 sampai 16 April mendatang.

"Tentunya apa yang telah dilakukan oleh Mabes Polri, bagian daripada kepala operasi pusat maupun kepala operasi daerah sampai polda-polda akan melakukan pengamanan-pengamanan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa (19/3/2024).

Salah satu pengamanan yang bakal dilakukan adalah menjaga rumah-rumah warga saat mudik saat Hari Raya Idulfitri. Tujuannya agar masyarakat yang mudik tak khawatir saat meninggalkan rumah.

"Terkait rumah-rumah yang ditinggalkan maupun bencana alam, Polri tetap akan hadir (melakukan pengamanan) dalam Operasi Ketupat ini," kata dia.

Walau demikian, kata Trunoyudo dalam operasi kemanusiaan ini pihaknya tidak bisa bekerja sendiri. Ia meminta dukungan dari seluruh stakeholder hingga masyarakat agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan lancar.

"Harapannya selama ibadah Ramadan pada saat mudik, Idul Fitri, hingga arus balik dilaksanakan secara aman," jelas dia. 

Diketahui, Operasi Ketupat 2024 digelar selama 13 hari. Operasi tahunan ini digelar dalam rangka menjaga kelancaran dan keamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 nantinya.

Polisi belum merinci berapa jumlah personel yang diturunkan dalam Operasi Ketupat 2024. Namun telah disiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas. Skema pengaturan lalu lintas yang sudah disiapkan pihak kepolisian mulai dari one way, contra flow hingga ganjil-genap.

"Tujuannya untuk membatasi dan mengelola arus kendaraan. Pelaksanaan ganjil genap diawasi dengan e-TLE, baik statis maupun mobile, sehingga apabila ada pelanggar tidak akan diputar balik namun ditilang langsung melalui e-TLE," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close