Polisi Ekuador Tangkap 200 Napi Kabur saat Kerusuhan Penjara

Nusantaratv.com - 11 Mei 2022

Kerusuhan penjara di Ekuador. (Net)
Kerusuhan penjara di Ekuador. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi Ekuador meringkus 200 narapidana yang melarikan diri saat kerusuhan di penjara pada awal pekan ini. Sementara sisanya, 20 narapidana, masih buron.

Selain melarikan diri, 44 napi tewas akibat kerusuhan yang terjadi pada Senin (9/5/2022) itu. Kerusuhan terjadi karena persaingan dua geng yaitu Los Lobos dan geng R7 di dalam penjara Bellavista di Santo Domingo de los Colorados, di pusat Ekuador sekitar 80 kilometer (50 mil) dari Quito.

Pihak berwenang mulanya mengatakan 112 napi telah ditangkap, namun 108 orang lainnya berhasil melarikan diri.

"Total 220 warga yang lolos kemarin dan saat ini sudah kita tangkap kembali 200 orang," ujar Kapolres Geovanny Ponce. 

Ia mengatakan pemerintah menawarkan hingga $ 3.000 untuk informasi yang mengarah pada penangkapan 20 buronan yang tersisa.

Di samping itu, mengutip AFP, kerabat tahanan yang putus asa pun menunggu berita di luar penjara Bellavist pada Selasa kemarin.

Ponce menjelaskan, 41 korban telah diidentifikasi, dan dua di antaranya warga Venezuela. Tentara dikerahkan ke daerah itu untuk membantu mencari pelarian.

Adapun pasukan keamanan di penjara sempat mengumpulkan sekitar 80 orang yang diduga ditangkap kembali setelah melarikan diri dari penjara.

"Mereka tidak memberi kami informasi apa pun. Mereka mengatakan bahwa para pemuda melarikan diri untuk menyelamatkan hidup mereka," kata Leisi Zambrano, yang sedang menunggu kabar dari kakaknya.

"Banyak ibu yang masih belum menerima kabar tentang orang yang mereka cintai. Mereka bahkan tidak tahu apakah mereka masih hidup," imbuh pria 48 tahun itu.

Zambrano menyatakan, dia bergegas ke penjara bersama anggota keluarga lainnya segera usai mendengar kerusuhan tersebut. 

"Kami mendengar para tahanan meminta bantuan, meminta agar kami tidak membiarkan mereka mati," kata dia.

Kerusuhan di penjara Ekuador bukan baru terjadi. Sebelumnya, sekitar 350 narapidana tewas dalam lima kerusuhan penjara terpisah sejak Februari 2021. Bulan lalu, sedikitnya 20 narapidana tewas di dalam penjara El Turi di Cuenca, Ekuador selatan.

Presiden Guillermo Lasso mengatakan masalah di dalam fasilitas mencerminkan bahwa geng narkoba berlomba-lomba untuk mengendalikan rute perdagangan di luar penjara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close