PNS Pemprov Sulsel Gelapkan 2 Mobil Rental, Berakhir Ditangkap Polisi

Nusantaratv.com - 02 Juni 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Oknum aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) inisial HA (39), dibekuk polisi karena menggelapkan 2 mobil rental di Kabupaten Soppeng. Pelaku HA bertugas di Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel.

"Betul, oknum ASN dari Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel yang bertugas di Soppeng diduga menggelapkan dua mobil rental. Pelaku sudah kami amankan beserta barang buktinya," ujar Kasat Reskrim Polres Soppeng IPTU Ridwan, Jumat (2/6/2023).

Dia mengatakan, pelaku menyewa mobil rental di salah satu tempat rental di Soppeng pada 5 Mei lalu. Tapi setelah beberapa lama mobil tersebut tak kunjung dikembalikan.

"Motifnya itu pelaku melakukan rental mobil. Setelah mendapatkan mobil dia kemudian membawanya ke Makassar untuk digadaikan ke salah satu showroom di Makassar tanpa sepengetahuan pemiliknya," kata dia.

Dia menjelaskan, pemilik rental kemudian melaporkan hal itu ke polisi pada Selasa (9/5/2023). Polisi lalu mendapatkan informasi dari showroom kalau ada mobil yang akan digadaikan.

"Itu pemilik showroom mobil melihat ada stiker di mobil itu yang menandakan sebagai mobil rental. Makanya pemilik showroom langsung menyebar informasinya dari grup ke grup. Setelah kami mendapatkan laporan tersebut langsung melakukan penyelidikan untuk mencari lokasi tersangka," jelas dia.

"Pelaku diamankan di Makassar saat dia mau bawa gadai itu dua mobil rental sekitar tanggal 15 Mei. Setelah itu kami jemput pelaku di Makassar, karena laporannya di Polres Soppeng," imbuh Ridwan.

Dia menambahkan, saat ini tersangka beserta barang bukti telah berada di Mapolres Soppeng. Pihaknya juga akan segera melimpahkan berkas perkaranya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Soppeng.

"Tersangka dikenakan pasal 372 KUHP dugaan tindak pidana penggelapan dia diancam hukuman 4 tahun penjara. Kami juga sudah koordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel terkait kasus ini," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])