Pj Gubernur Babel Instruksikan OPD Maksimalkan Serapan Anggaran

Nusantaratv.com - 27 Juli 2023

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu. ANTARA/Aprionis
Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu. ANTARA/Aprionis

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) memaksimalkan serapan anggaran, guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Jika ada program yang tidak dapat dilaksanakan tahun ini, saya minta OPD mengalihkan ke program lain yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Suganda di Pangkalpinang, Babel, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Babel, serapan anggaran per 28 April 2023 di angka 19,4 persen. Serapan anggaran tertinggi pada OPD Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga sebesar 37,54 persen.

Selanjutnya, serapan anggaran tertinggi kedua oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sebesar 33,46 persen, kemudian Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah sebesar 30,03 persen.

"Pengalihan program OPD ini tentunya akan meningkatkan capaian serapan anggaran tahun ini," katanya.

Ia menyatakan serapan anggaran Provinsi Kepulauan Babel pada 2022 berada di urutan ke-33 dari 34 provinsi di Indonesia.

"Saya sudah meminta seluruh OPD untuk melaporkan capaian serapan anggarannya, guna melihat sejauh mana capaian dan kendala dalam merealisasikan program di masing-masing OPD tersebut," katanya.

Menurut dia, perencanaan dalam APBD perubahan tahun ini harus dilakukan secepatnya, sehingga pihak-pihak terkait dapat memiliki waktu yang cukup dalam pelaksanaannya agar program dan kegiatan dapat tercapai sesuai target dan serapannya juga maksimal.

"Sekarang proses pengajuan sudah kita mulai, mudah-mudahan nanti semua bisa tepat waktu, termasuk juga DAK," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close