PJ Bupati Kulon Progo Kunjungi KPU-Bawaslu Pastikan Kesiapan Pemilu

Nusantaratv.com - 24 Januari 2024

Ketua KPU Kulon Progo Budi Priyana menunjukkan logistik Pemilu 2024 kepada Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti pada Rabu (24/1). (ANTARA/Sutarmi)
Ketua KPU Kulon Progo Budi Priyana menunjukkan logistik Pemilu 2024 kepada Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti pada Rabu (24/1). (ANTARA/Sutarmi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti berkunjung ke kantor Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu serentak 14 Februari 2024.

Ni Made di Kulon Progo, Rabu, mengatakan KPU maupun Bawaslu Kabupaten Kulon Progo telah menjalankan tahapan dan persiapan dengan baik sesuai bidang tugas masing-masing.

"KPU sudah menjalankan tahapan dengan baik, semua berjalan dengan baik kesiapan dari 345.038 pemilih dengan 1.302 TPS yang ada di Kulon Progo ini sudah siap. Bawaslu sendiri sudah kami lihat proses dalam penegakan hukum juga sudah dalam artian pengamanan terkait dengan ketertiban pemasangan APK, sampai saat ini tidak terjadi kasus yang harus disidangkan dan semoga itu nanti sampai berakhirnya masa pemilu," kata Ni Made.

Dengan kesiapan yang baik ini, Ni Made berharap tahapan Pemilu serentak 14 Februari 2024 di Kabupaten Kulon Progo dapat berjalan lancar, baik, aman dan damai hingga berakhirnya masa pemilu.

"Tadi sudah kita cek juga untuk proses demokrasi ini dapat menjaga ketertiban, keamanan kenyamanan dan termasuk juga dengan pengawasan dan pengendalian terkait dengan proses pemilu yang nantinya kita bersama-sama 14 Februari memilih calon-calon yang menjadi wakil kita baik di legislatif maupun yang akan memimpin negara kita," katanya.

Ni Made juga mengimbau seluruh jajaran dari unsur Pemerintah Kabupaten Kulon Progo hingga level kelurahan untuk menjaga dan mengedepankan netralitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Saya kira sesuai prosedur saja, sudah ditentukan semua oleh KPU maupun Bawaslu terutama ketika jajaran itu sifatnya sebagai pelayan masyarakat, jadi apapun itu netralitas itu tidak hanya untuk ASN. Kalau untuk jajaran kelurahan itu, lurah bukan ASN tapi itu juga bagian dari unsur-unsur pelayan masyarakat," kata Ni Made.

Sementara itu, Ketua KPU Kulon Progo Budi Priyana mengatakan kelengkapan logistik Pemilu 2024 sudah mencapai sekitar 95 persen.

Saat ini, proses yang dilakukan di gudang adalah menyiapkan seluruh logistik agar siap didistribusikan. Nantinya logistik berupa surat suara hingga berbagai formulir akan dimasukkan ke dalam kotak suara yang disegel.

"Logistik yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan tiap TPS," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close