Pintu Air Manggarai Siaga 3-Sunter Hulu Siaga 2

Nusantaratv.com - 01 Desember 2023

Pintu Air Manggarai. (Net)
Pintu Air Manggarai. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan tinggi muka air pada sejumlah pintu air. Disebut satu pintu air siaga dua dan tiga pintu air siaga tiga.

BPBD DKI Jakarta mengunggah informasi itu melalui akun X-nya, Jumat (1/12/2023). Dikatakan, per pukul 06.00 WIB, Pintu Sunter Hulu memiliki tinggi muka air (TMA) 250 centimeter dan berstatus Siaga atau Siaga 2. Cuaca di lokasi dilaporkan mendung tipis.

Sementara, Pintu Air Manggarai, Angke Hulu, dan Pasar Ikan berstatus Siaga 3 atau waspada.

Di Pintu Air Manggarai, ketinggian TMA adalah 790 centimeter, dengan kondisi mendung. Sementara ketinggian di Angke Hulu ketinggian muka air adalah 205 centimeter dengan cuaca terang. Kemudian, di Pasar Ikan TMA setinggi 188 dengan kondisi cuaca mendung.

Sebelumnya, banjir terjadi di sejumlah titik dalam beberapa hari terakhir usai hujan deras mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya. Pemprov DKI pun menyiapkan pompa untuk mengatasi banjir.

"Penanganan genangan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta adalah dilakukan penyiagaan satgas di lapangan dan operasional pompa, baik stasioner maupun pompa mobile," ujar Plt Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Ika Agustin Ningrum, kepada wartawan, Kamis (30/11/2023).

Pemprov DKI telah menyiagakan 578 unit pompa di 202 lokasi. Ada juga 557 unit pompa mobile yang bisa dikerahkan untuk menyedot air.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close