Pilkades Serentak 66 Desa Di Rejang Lebong Digelar Maret 2023

Nusantaratv.com - 16 November 2022

Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong. (dok.ANTARA)
Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong. (dok.ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan pemilihan kepala desa serentak pada 66 desa di daerah setempat dijadwalkan berlangsung Maret 2023.

"Pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023 nanti akan dilaksanakan pada bulan Maret dan bulan April sudah pelantikan. Pilkades serentak ini akan diikuti 61 desa yang masa jabatan kepala desanya habis pada tahun 2022 ini dan lima desa yang masa jabatan kadesnya akan habis tahun 2023," kata Kepala DPMD Rejang Lebong Suradi Rifai di Rejang Lebong, Rabu.

Ia menjelaskan pelaksanaan pilkades serentak di wilayah itu digabungkan menjadi satu pada tahun 2023 dalam rangka menghemat anggaran serta menjadikan pilkades pada 122 desa di Rejang Lebong nantinya hanya digelar dua kali.

Menurut Suradi, terdapat 61 desa masa jabatan kepala desanya telah berakhir pada Agustus 2022 dan kini posisinya dipegang oleh camat masing-masing wilayah sebagai pelaksana tugas sampai terpilihnya kepala desa defenitif pada Pilakdes 2023.

"Kami masih mempelajari aturannya terlebih dahulu untuk lima desa yang jabatan kepala desanya berakhir pada Agustus 2023 karena pelaksanaan pilkades serentak dilaksanakan pada Maret dan April sudah harus dilantik. Apakah mereka ini harus cuti terlebih dahulu atau tidak jika ingin mengikuti pilkades lagi," terangnya.

Untuk pelaksanaan pilkades serentak tahun depan, DPMD Rejang Lebong sudah mengusulkan anggaran dalam RAPBD Tahun 2023 sebesar Rp2,4 miliar.

"Anggaran pilkades serentak tahun 2023 yang kita usulkan dalam penyusunan APBD murni sebesar Rp2,4 miliar. Anggaran ini untuk pembiayaan tahapan, pemungutan suara hingga pelantikan," jelasnya.

Anggaran tersebut juga untuk membiayai pengadaan logistik pilkades, seperti pencetakan surat suara, blangko dan honor petugas pemilihan di masing-masing desa.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close