Petinju Manny Pacquiao Siap Maju Jadi Capres Filipina 2022

Nusantaratv.com - 20 September 2021

Manny Pacquiao siap mencalonkan diri sebagai presiden Filipina. (Twitter @MannyPacquiao)
Manny Pacquiao siap mencalonkan diri sebagai presiden Filipina. (Twitter @MannyPacquiao)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Petinju ternama Filipina Manny Pacquiao mengumumkan pada Minggu (19/9/2021) jika dirinya siap mencalonkan diri sebagai presiden Filipina pada 2022.

Petinju yang beralih menjadi politisi itu menerima pencalonan faksi saingan partai yang berkuasa Presiden Rodrigo Duterte, yakni PDP-Laban, yang dipimpin senator Aquilino 'Koko' Pimentel III.

"Saya seorang petarung, dan saya akan selalu menjadi petarung di dalam dan di luar ring," kata Pacquiao saat pidato pencalonannya yang disiarkan langsung, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Senin (20/9/2021).

Menanggapi kritik yang mempertanyakan kualifikasinya untuk maju sebagai calon presiden, pria berusia 42 tahun itu mengatakan kemiskinan yang dideritanya akan menjadi bekal untuk memimpin Filipina.

Pacquiao pertama kali memenangkan kursi di DPR pada 2010 sebagai anggota kongres yang mewakili provinsi Sarangani. Dia terpilih kembali pada 2013, sebelum dia mencalonkan diri dan memenangkan jabatan senator dalam pemilihan 2016.

Selama sidang, fraksi PDP-Laban memberinya wewenang untuk memilih pasangannya dan anggota senatornya untuk pemilihan mendatang, tetapi Pacquiao belum mengumumkan nama-nama mereka.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])