Petani Tewas Saat Bakar Lahan, Bupati Bogor Larang Warga Bakar Sampah

Nusantaratv.com - 06 September 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Seorang petani tewas terbakar kala membersihkan lahan dengan cara dibakar di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bupati Bogor Iwan Setiawan pun membuat surat edaran (SE) soal larangan membakar sampah lantaran berpotensi terjadi kebakaran lahan.

"Sudah ada edaran larangan untuk pembakaran sampah di seluruh wilayah di Bogor, karena rentan dengan kekeringan ini adalah kebakaran," ujar Iwan, Rabu (5/9/2023).

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup). Larangan membakar sampah berlaku untuk seluruh wilayah di Kabupaten Bogor.

"Ini kan ada Peraturan Bupati, makanya Perbupnya sudah dibuat melarang, melarang untuk melakukan pembakaran sampah sembarangan di seluruh wilayah. Kalau tidak salah hari ini ditandatangan," kata dia.

Ia menjelaskan perihal sanksi apabila masyarakat melanggar. Menurut Iwan apabila menimbulkan kebakaran besar, maka bisa dikenakan sanksi pidana.

"Kalau kebakaran gede bisa kena sanksi pidana itu. Nanti saya harus lebih detail kalau untuk masyarakat itu supaya tidak ada yang salah," kata dia.

Baca juga: Kapal Feri Terbakar di Merak, 5 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Diketahui, kebakaran lahan terjadi di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Seorang petani berinisial ON (60) tewas terbakar.

"Telah ditemukan seorang laki-laki dalam kondisi meninggal dunia dengan identitas OM (60), pekerjaan petani. (Meninggal) akibat luka bakar," ujar Kapolsek Jonggol AKP Asep Fajar, Selasa (5/9/2023).

Hasil keterangan saksi-saksi, diduga korban ON tewas terbakar saat membakar lahan untuk membersihkan rumput liar. Korban yang menderita gejala stroke diduga terjatuh dan tidak bisa menyelamatkan diri.

"Diduga korban meninggal dunia akibat terbakar saat korban sedang membersihkan lahan lokasi garapan, dengan cara membakar rumput ilalang oleh korban sendiri," ujar Asep.

"Mengingat kondisi korban dalam keadaan sakit gejala stroke dan susah untuk berjalan, korban tidak sempat menyelamatkan diri saat lokasi lahan sudah terbakar," sambungnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close