Peserta Membludak, Kemenhub Akan Tambah Kuota Mudik Gratis Jalur Darat

Nusantaratv.com - 25 Maret 2023

Masyarakat antusias mengikuti program mudik gratis/ist
Masyarakat antusias mengikuti program mudik gratis/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menambah kuota mudik gratis 2023 dari jalur darat untuk moda transportasi bus.

Penambahan kuota mudik gratis 2023 karena tingginya minat masyarakat.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sedang menghitung tambahan kuota mudik gratis 2023.

Sebelumnya, pada Senin, 13 Maret Kemenhub membuka pendaftaran program mudik gratis. Saat ini pendaftarannya sudah ditutup lantaran sudah memenuhi kuota yang disiapkan.

"Mudah-mudahan ini segera kami akan umumkan kembali, kami akan buka kembali supaya masyarakat bisa untuk mempergunakan kembali fasilitas yang disiapkan Kementerian Perhubungan," kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Suharto, pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Suharto mengungkapkan kemungkinan pendaftaran itu dibuka lantaran ada pendaftar sebelumnya yang tidak melakukan validasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Ia mengatakan, para pendaftar yang tidak melakukan validisasi maka dianggap batal mengikuti program tersebut.

Suharto mengimbau masyarakat yang mendaftar program tersebut supaya melakukan validasi ulang. Adapun validasi ulang ini dilakukan di lima titik yang telah disiapkan yaitu GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, dan Terminal Kayuringin Bekasi.

Validasi ulang ini dapat dilakukan pada 08.00-16.00 WIB. Validasi ulang agar dilakukan maksimal tujuh hari setelah pendaftaran.

Pada program mudik gratis 2023, Kemenhub menyiapkan kuota 24.702 penumpang dengan menggunakan bus. Untuk arus mudik kuota yang disiapkan 18.528 sementara pada arus balik disiapkan kuota 5.544. Total bus yang disiapkan adalah 585 bus dengan rincian 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik. 

Program mudik gratis 2023 ini juga mempersipakan kapal laut sebagai moda transportasinya. Dikutip dari laman resmi Kemenhub, pada Sabtu, 25 Maret 2023, program mudik gratis ini dinamakan Mutis atau Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut.

Kuota yang disiapkan untuk program mudik dengan kapal laut adalah 10.000 kuota penumpang dan 5.000 kuota sepeda motor. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini agar segera melakukan pendaftaran. Waktu pendaftaran dibuka pada 23 Maret 2023 hingga 5 April 2023.

Pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui laman resmi mudikgratis.dephub.go.id atau secara offline dengan mendatangi Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta atau Gedung Cipta Kantor Pusat Kemenhub.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])