Pesawat Militer AS Jatuh di Norwegia

Nusantaratv.com - 19 Maret 2022

Ilustrasi pesawat militer Bell-Boeing V-22 Osprey. (Istimewa)
Ilustrasi pesawat militer Bell-Boeing V-22 Osprey. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Satu pesawat militer Amerika Serikat (AS) dengan empat awak yang ambil bagian dalam latihan NATO jatuh di Norwegia utara pada Jumat (18/3/2022).

Insiden itu dikonfirmasi Hovedredningssentral (HRS), otoritas yang memiliki tanggung jawab operasional keseluruhan untuk operasi pencarian dan penyelamatan di Norwegia Utara, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (19/3/2022).

Bell-Boeing V-22 Osprey, sebuah pesawat militer tiltrotor sayap tinggi (high wing) dengan kemampuan vertical takeoff dan landing (VTOL) serta short takeoff dan landing (STOL) itu sedang dalam misi pelatihan ketika hilang tak lama setelah gagal tiba di lokasi tujuan yang direncanakan di Bodo.

Menurut Jan Eskild Severinsen, petugas pers di HRS, puing-puing pesawat militer itu ditemukan pada pukul 21:17 waktu setempat, di dekat Gratadalen, sebuah lembah di selatan Bodo yang terkenal dengan banyak gua.

Kru darat telah dikirim menuju lokasi kecelakaan, tetapi tidak ada indikasi kehidupan yang terlihat di daerah sekitar bangkai pesawat militer tersebut. Pesawat itu mengambil bagian dalam latihan gabungan NATO darat, laut dan udara yang dijuluki Cold Response, yang dijadwalkan berlangsung pada 10 Maret hingga 10 April 2022.

Cold Response, dijuluki latihan militer terbesar yang dipimpin Norwegia sejak Perang Dingin, melibatkan 30.000 personel militer, 220 pesawat, dan lebih dari 50 kapal dari negara-negara NATO.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close