Pesan Bupati Manggarai Buat Para Remaja: Yang Bisa Jaga Kesucianmu Hanya Dirimu Sendiri

Nusantaratv.com - 10 Oktober 2022

Bupati Manggarai, Heribertus G.L Nabit mengajak para remaja  untuk berkomitmen menjaga diri dan menghindarkan diri dari pernikahan dini. Foto (Prokopim Manggarai)
Bupati Manggarai, Heribertus G.L Nabit mengajak para remaja untuk berkomitmen menjaga diri dan menghindarkan diri dari pernikahan dini. Foto (Prokopim Manggarai)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bupati Manggarai Herybertus Geradus Laju Nabit membuka Workshop Konsolidasi dengan Pemangku Kebijakan Tingkat Daerah tentang PRO PN Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja bertempat di Aula Asumpta Paroki Katedral Ruteng pada Senin (10/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Hery mengajak segenap peserta yang sebagian besarnya remaja (siswa/i SMA) untuk berkomitmen menjaga diri dan menghindarkan diri dari pernikahan dini, diantaranya menjauhi pergaulan bebas dan berani bersikap asertif menolak ajakan perilaku pergaulan bebas.

"Yang bisa jaga diri, bisa jaga kesucianmu hanya dirimu sendiri," ucap Bupati Manggarai.

Selain itu, Bupati Manggarai mendorong para remaja untuk mencari informasi tentang edukasi seksual dari sumber terpercaya. Dirinya mengatakan bahwa sumber paling dekat dan paling dapat diandalkan oleh anak-anak adalah dengan bertanya kepada orang tua dan guru yang dipercayai.

Menurutnya, penduduk Manggarai yang banyak merupakan potensi yang baik untuk pengembangan SDM. Karenanya, kepada para peserta workshop, Bupati mengatakan bahwa mereka adalah generasi penerus yang suatu saat nanti menjadi orang tua, oleh karena itu, pada masanya nanti, ia berpesan agar setiap peserta dapat menjadi orang tua yang memperhatikan gizi anaknya masing-masing agar generasi selanjutnya tidak mengalami masalah stunting.

"Kenapa kita bicara hari ini? Supaya kalau sudah menjadi orang tua, ada anak urus baik-baik," tegasnya.

Senada dengan pernyataan Bupati Manggarai, Kepala Perwakilan BKKBN NTT Marianus Mau Kuru mengatakan bahwa perencanaan kelahiran yang baik dan berkualitas akan meningkatkan bonus demografi bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dijelaskan Marianus, Bonus demografi adalah suatu kondisi dimana populasi masyarakat akan didominasi oleh individu-individu dengan usia produktif. Titik ini menjadi peluang besar bagi sebuah daerah untuk meningkatkan performa ekonominya. Diprediksi bahwa pada tahun 2045 perekonomian Indonesia akan memasuki masa-masa emas, maka perlu disiapkan generasi emas untuk mendukung pencapaian itu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Manggarai Simprosa R. Gandut mengajak para remaja yang hadir untuk menjadi agen-agen untuk melanjutkan pengetahuan-pengetahuan yang mereka dapatkan hari ini kepada teman-teman dan keluarganya.

Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Ruteng Rm. Blasius Harmin juga mengajak para peserta untuk dapat menggunakan media sosial secara produktif, menjadi content creator untuk menyebarkan nilai-nilai/informasi positif yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])