Permukaan Air Bendung Katulampa Bogor Naik dari Nol ke 50 Cm Usai Hujan Guyur Kawasan Puncak

Nusantaratv.com - 21 Oktober 2023

Bendung Katulampa/ist
Bendung Katulampa/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor yang sempat kering karena lama tak turun hujan, pada Jumat (20/10/2023) mendadak naik dari nol ke 50 sentimeter. Naiknya permukaan air Bendung Katulampa terjadi karena hujan yang mengguyur kawasan Puncak. 

"Iya, baru datang 50 sentimeter. Gerimis nih. Perdana, Oktober baru Ciliwung nih 50 sentimeter langsung dari nol ke 50 sentimeter," kata Pelaksana Bendung Katulampa, Andi Sudirman, Jumat (20/10/2023).

Andi menjelaskan kenaikan debit air itu terjadi sekira pukul 18.00 WIB. Karena, kawasan hulu atau Puncak diguyur hujan yang hampir merata sore tadi.

"Hujan cukup merata di Puncaknya," jelasnya.

Baca juga: TMA Ciliwung Nol Centimeter di Bendung Katulampa Bogor Kekeringan

Menurut Andi, saat ini terdapat sekitar 39.000 liter air perdetik yang mengalir ke Sungai Ciliwung. Jumlah itu dibagi ke saluran irigasi yang berada di samping sungai.

"Kalau yang ke irigasi diatur, nggak boleh lebih dari 5.000 liter per detik. Dibuang ke Ciliwung semua. Kalau Ciliwung apa adanya. Jadi ke Ciliwung 35.000 liter perdetik dan ke irigasi 4.000 liter," jelasnya.

Pihaknya terus memantau kondisi debit air dan cuaca di kawasan hulu. Karena dikhatirkan akan kembali terjadi kenaikan debit air Sungai Ciliwung.

"Masih (hujan), kita standby," tutupnya.

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close