Perluas Manfaat, Perkumpulan Marga-Boru dan Keluarga Sitorus Jabodetabek Bakal Dirikan Rumah Duka

Nusantaratv.com - 03 Maret 2024

Toga Raja Sitorus Dohot Boruna Jabodetabek berencana mendirikan rumah duka di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.
Toga Raja Sitorus Dohot Boruna Jabodetabek berencana mendirikan rumah duka di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pesta Pertangiangan Bona Taon Toga Raja Sitorus Dohot Boruna Jabodetabek Tahun 2024 digelar di Wisma Mayoria 2, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (3/3/2024). Kegiatan ini merupakan pesta tahun baru perkumpulan marga, boru dan keluarga Sitorus se-Jabodetabek. 

Acara tersebut ialah adat Batak dalam mewujudkan rasa syukur sekaligus berdoa kepada Tuhan, sebelum memulai aktivitas di tahun yang baru. 

"Kegiatan yang kita lakukan pada hari ini adalah perayaan yang terkait dengan suka cita," ujar Sekretaris Umum Toga Raja Sitorus Dohot Boruna Jabodetabek, Djunggu Sitorus di sela acara. 

Dalam kesempatan itu, sejumlah program perkumpulan baik program-program yang sudah dan akan dilakukan, bakal dipaparkan. 

"Kita sudah mendirikan Yayasan Toga Raja Sitorus Maritok (Manetori Botok) yang merupakan kumpulan dari keturunan Raja Sitorus. Lalu kemudian pada tahun ini kita sudah mendirikan Koperasi Toga Raja Sitorus se-Indonesia atau Togasindo. Ini adalah koperasi konsumen yang nanti akan menjadi wadah di dalam mensejahterakan anggota sendiri ke depan," jelas Djunggu.

Pihaknya juga berencana mendirikan rumah duka di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Ini dibangun gua melayani para anggota maupun masyarakat umum lainnya. 

"Kita melayani dalam yayasan termasuk kegiatan suka dan duka, kita melayani anggota yang lebih kurang 500 KK lebih. Kita rencana membangun rumah duka, kita sudah memberikan tanda jadi. Kalau kita lihat sangat representatif, ini adalah program yang sangat mulia dari program Punguan Si Raja Toga Sitorus," kata Djunggu. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan hadirnya punguan atau paguyuban seperti Toga Raja Sitorus Dohot Boruna Jabodetabek, tujuannya untuk menjadi manfaat bagi para anggota, dan sekitarnya. Karena itu setiap program yang perkumpulan buat, semua berorientasi pada hal tersebut. 

"Setiap ada punguan atau paguyuban, itu tujuannya untuk mempersatukan langkah di dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang dicanangkan sejak awal dan yang akan dilakukan ke depan. Supaya ada kesatuan pendapat di langkah memajukan punguan itu sendiri. Karena punguan tujuannya bagaimana warga atau anggotanya itu terakomodir di dalam setiap apa pun yang akan dilakukan," papar Djunggu. 

Sementara, Ketua Panitia Pesta Pertangiangan Bona Taon Toga Raja Sitorus Dohot Boruna Jabodetabek Tahun 2024, Mutia Rustam Sitorus, menambahkan bahwa acara yang mereka persiapkan sejak dua bulan lalu itu merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. 

"Mengucapkan syukur kepada Tuhan bahwa kita masih dalam keadaan sehat sampai saat ini," ujarnya. 

Karenanya, kebaktian pun dihelat dalam kesempatan tersebut. Selain itu, ada ucapan-ucapan terima kasih baik dari Ketua, panitia, serta para orang tua. Lalu, mereka juga menggelar kegiatan hiburan, bernyanyi, menari tor tor bersama, donasi hingga pemberian doorprize.  

"Hari ini juga ulang tahun ke-5 sejak tahun dicanangkan atau pun perkumpulan kami didirikan sejak tahun 2019 tanggal 3 Februari ini sudah lima tahun," tutur Rustam. 

Lebih lanjut, pihaknya berharap agar paguyuban mereka ke depan kian maju dan kompak. Program-program yang ada, bisa berguna bagi lebih banyak pihak. 

"Untuk program kami memiliki ambulans. Tentu kalau ada yang perlu dibantu, kami akan kasih gratis. Terkait membangun rumah duka, pada saat ini kami akan cari dana tersebut," tandas Rustam.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close