Peringati Hari Musik Nasional, Friday Blues One Digelar di PFN Heritage

Nusantaratv.com - 08 Maret 2024

Pagelaran musik Friday Blues One digelar di PFN Heritage.
Pagelaran musik Friday Blues One digelar di PFN Heritage.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Acara musik Friday Blues One digelar di Studio Black Box Perusahaan Film Negara (PFN), Jakarta Timur, Jumat (8/3/2024) malam. Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret 2024 esok. Serta, bertepatan dengan peluncuran PFN Heritage, dan HUT ke-1 HarmoniKa Nusantara.

Kegiatan ini dihelat, hasil kolaborasi antara PFN dan HarmoniKa Nusantara, yang didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek. 

Perwakilan Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek, Prasetyo Budi Agung, menjelaskan alasan digelarnya Friday Blues One. 

"Salah satu tujuan acara ini memperingati Hari Musik Nasional, yang mana dirayakan sebagai pengingat kemajuan ekosistem musik Indonesia," ujarnya dalam sambutan. 

Lebih lanjut, pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya HarmoniKa Nusantara atas capaian dan kontribusinya selama satu tahun terakhir. Terutama dalam mempromosikan budaya musik nusantara. 

"Saya juga ucapkan selamat ulang tahun yang pertama," ucap Prasetyo. 

Di samping itu, ia juga mengucapkan selamat kepada PT Produksi Film Negara atas peluncuran PFN Heritage. Prasetyo berharap fasilitas itu dapat menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif, seni dan budaya. 

"Untuk terus bersinergi dalam kemajuan kebudayaan," kata dia.

Sementara, Ketua HarmoniKa Nusantara Sarah Saputri, mendedikasikan acara Friday Blues One kepada seluruh pemain harmonika di Tanah Air. 

"Tapi yang paling penting adalah pemain harmonika di Indonesia, tidak hanya member kami saja HarmoniKa Nusantara, tapi semuanya," kata dia. 

Lebih lanjut, kata Sarah, asosiasi HarmoniKa Nusantara ada untuk seluruh pemain harmonika di Tanah Air. Pihaknya selalu berupaya hadir guna mendukung dan melindungi para pemain harmonika. 

"Jadi kami berusaha sekuat tenaga untuk selalu melindungi dan men-support pemain harmonika yang ada di Indonesia, se-nusantara," jelas dia. 

Lebih lanjut, Sarah juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada PFN, atas peluncuran PFN Heritage. Ia berharap lokasi itu bisa menjadi wadah dan juga tempat bagi banyak seniman. 

"Yang bisa mengaktualisasikan karyanya di tempat yang sangat luar biasa ini," kata dia. 

Ben Hewlett, pemain harmonika asal Inggris yang tampil dalam kesempatan itu, mengaku bangga bisa hadir, saling mengenal dan berkolaborasi di Friday Blues One. 

"Terima kasih sudah mengundang saya ke sini. Saya juga memberikan sedikit pelatihan, itu sangat menyenangkan," kata mantan pimpinan komunitas pemain harmonika Inggris itu. 

Adapun selain HarmoniKa Nusantara dan Ben Hewlett, juga tampil musisi lainnya seperti Topan Tornado, Anov Blues One, Mr. Bee, Java Blues One, dan Rega Dauna. Lalu, Ijay Irawan, Farhat Iyay, Zandry, Reyharp, Iman, Sunu, Guntari, Seciorio, Oki, Bento Pasadena, Theo Culver, serta Yasril Adha.

Di samping penikmat musik, hadir pula jajaran PFN, perwakilan PT Danareksa (Persero), Forum Komunikasi Staf Ahli Menteri (Forkomsam) dan juga lainnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close