Perempuan China Diminta Siap Bangun 'Tren Keluarga Baru'

Nusantaratv.com - 31 Oktober 2023

Presiden China Xi Jinping. (Reuters)
Presiden China Xi Jinping. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden China Xi Jinping mengatakan perempuan memiliki peran penting dan harus membentuk "tren keluarga baru", di tengah populasi China yang menua serta penurunan tingkat kelahiran yang mencapai rekor.

Seperti dilaporkan Reuters, Xi Jinping, dalam komentar yang diterbitkan kantor berita milik pemerintah, Xinhua, pada Senin (30/10/2023), mengatakan peran perempuan telah dibahas dengan tim kepemimpinan baru Federasi Wanita Seluruh China, yang dikelola Partai Komunis.

Melakukan pekerjaan yang baik dalam konteks perempuan tidak hanya berhubungan dengan pengembangan diri perempuan saja, tapi juga berhubungan dengan "harmoni keluarga, harmoni sosial, perkembangan nasional dan kemajuan nasional".

Penting untuk "secara aktif menumbuhkan budaya baru dalam pernikahan dan melahirkan anak serta memperkuat bimbingan terhadap pandangan generasi muda tentang pernikahan, persalinan dan keluarga," urainya.

Berbagai faktor, termasuk tingginya biaya penitipan anak, hambatan karier, diskriminasi gender dan ketidakmauan menikah telah membuat banyak perempuan muda China tidak memiliki anak.

Jumlah kelahiran sangat erat kaitannya dengan tingkat pernikahan, karena kebijakan pemerintah mempersulit perempuan lajang untuk memiliki anak.

Biro Statistik Nasional China pada Januari melaporkan penurunan jumlah populasi pertama dalam enam dekade terakhir. Selain itu, laporan itu juga menyebutkan populasi China mengalami penuaan dengan cepat. 

Dalam dua tahun terakhir, pihak berwenang di seluruh China telah memberlakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan angka kelahiran negara itu, termasuk dengan memberikan insentif keuangan dan meningkatkan fasilitas penitipan anak.

Media pemerintah sering mengaitkan perkembangan populasi dengan kekuatan dan "peremajaan" negara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])