Peradi dan SLS Teken MoU Fokus Kawal Investasi di IKN

Nusantaratv.com - 14 Maret 2023

Kerjasama Peradi dengan Sabah Law Society
Kerjasama Peradi dengan Sabah Law Society

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) bersama Sabah Law Society (SLS) sepakat mengawal investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kerjasama kedua organisasi advokat ini juga dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Peradi dengan SLS, di Kantor Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Grand Slipi Tower, Jakarta Barat, Selasa (14/3/2023).

Ketua Harian DPN Peradi, R. Dwiyanto Prihartono mengatakan, kerjasama ini dilakukan sebagai sarana berbagi informasi dalam hal yang berkaitan dengan keadvokatan. Namun secara spesifik kerjasama ini diawali dengan mengawal pindahnya Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan, terutama pada sisi investasi dari para investor asal Negeri Jiran.

"Secara spesifik kita berbicara bagaimana investasi di Indonesia, terutama dalam kaitannya dengan pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan Timur. Kedepannya kita akan terus melakukan kegiatan yang dapat mempererat kerja sama antar-sesama advokat, berbagi informasi, dan hal-hal yang terkait dengan keadvokatan.m," kata Dwiyanto.

Sebelumnya, lanjut Dwi, SLS juga sudah mengunjungi beberapa instansi pemerintah seperti BKPM, Kementerian Maritim dan Investasi serta Mahkamah Agung RI. Rencananya SLS juga akan menyambangi kantor Badan Arbitrase Nasional dan beberapa lembaga lainnya.

"Kami juga akan mengumpulkan informasi terkait pertemuan yang dilakukan SLS dengan beberapa instansi pemerintah untuk menjadi bahan kerja sama antara Peradi dengan SLS," ujar Dwiyanto.

Dwiyanto juga tak lupa memberikan apresiasi kepada Presiden Sabah Law Society dan anggotanya yang sudah mau melakukan kerjasama dengan Peradi. Menurutnya hal itu tak lepas dari kedekatan yang dimiliki Indonesia dan Malaysia dalam konteks negara regional yang berdekatan secara geografis.

Sementara itu, Ketua Bidang Kerja Sama Luar Negeri DPN Peradi, Johannes J. Sahetapy menambahkan, kehadiran SLS di Indonesia juga sebagai bantuan hukum untuk para investor Malaysia yang berinvestasi di IKN.

Johannes juga mengatakan, fokus kunjungan SLS  saat ini memang hanya soal rencana berinvestasi. Sebab, tidak hanya advokat, sejumlah arsitek dan profesi lainnya juga ikut bergabung dalam wadah ini.

"Salah satu topik yang disampaikan bagaimana SLS bisa membantu investor Malaysia untuk berinvestasi di IKN. Ke depan kita akan coba gali lagi dalam upaya mempererat hubungan, tapi yang jelas terkait investasi," ungkap Johannes.

Rombongan SLS yang hadir di markas DPN Peradi berjumlah sekitar 17 dan diterima langsung oleh jajaran Pengurus DPN Peradi antara lain, Ketua Harian R. Dwiyanto Prihartono, Wakil Ketua Umum Sutrisno dan Zul Armain Aziz, Wakil Sekjen Bhismoko W.Nugroho, Ketua Bidang Kerja Sama Luar Negeri Johannes J. Sahetapy, Wakil Ketua bidang Kerjasama Internasional Khairil Poloan, Sekretaris Nixon Sipahutar, Wakil Ketua bidang Organisasi dan Pembinaan advokat muda Freddy Simatupang dan Ketua Bidang Publikasi, Humas dan Protokoler Riri Purbasari Dewi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])