Penyakit Cacar Monyet Sudah Menyebar ke-11 Negara, WHO Gelar Rapat Darurat!

Nusantaratv.com - 21 Mei 2022

Ilustrasi penderita cacar monyet/ist
Ilustrasi penderita cacar monyet/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Penyakit cacar monyet yang menyebar sangat cepat ke berbagai negara membuat dunia khawatir. Sampai dengan Jumat (20/5/2022) telah terkonfirmasi 100 kasus cacar monyet di 11 negara. 

11 negara yang telah 'tertular' cacar monyet antara lain, Jerman, Belgia, Prancis, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

"Ini adalah wabah cacar monyet terbesar dan paling luas yang pernah terlihat di Eropa," kata layanan medis angkatan bersenjata Jerman.

Guna mengantisipasi agar wabah cacar monyet tidak meluas, organisasi kesehatan dunia (WHO) menggelar pertemuan Penasihat Strategis dan Teknis tentang Bahaya Menular dengan Potensi Pandemi dan Epidemi (STAG-IH) demi membahas wabah cacar monyet ini.

Komite WHO itu bertanggung jawab soal saran terkait risiko penyakit menular yang dapat menimbulkan ancaman kesehatan global.

Meski begitu, komite WHO ini tidak memiliki kewenangan memutuskan apakah wabah harus dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, bentuk kewaspadaan tertinggi WHO, yang saat ini diterapkan pada pandemi Covid-19.

Baca juga: Cacar Monyet Banyak Menginfeksi Kaum Gay dan Biseksual, Komunitas LGBTQ Resah

24 kasus cacar monyet baru tercatat di Spanyol. Kasus terbanyak terdapat di Madrid.

Hal itu membuat pemerintah Madrid menutup seluruh tempat sauna yang diyakini terkait sebagian besar infeksi cacar monyet di kota itu.

Sementara itu, sebuah rumah sakit di Israel merawat pria 30 tahun yang menunjukkan gejala yang sama dengan cacar monyet. Pria itu diketahui baru tiba dari Eropa Barat, mengutip CNNIndonesiacom.

Pertama kali diidentifikasi pada monyet, penyakit ini biasanya menyebar melalui kontak dekat dan jarang. 

Namun, para ilmuwan tidak yakin wabah tersebut berkembang menjadi pandemi seperti Covid-19, mengingat virus monkeypox ini tidak menyebar semudah SARS-CoV-2.

Sampai saat ini, tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet. Namun, vaksin yang selama ini digunakan untuk mencegah penyakit cacar umum disebut WHO dapat efektif 85 persen melawan cacar monyet.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close