Penuhi Hak Sipil Warga, PKK Matim Gandeng Disdukcapil Beri Pelayanan Dokumen Kependukan di Desa Benteng Pau

Nusantaratv.com - 03 April 2023

Petugas pendataan dari Disdukcapil Manggarai Timur sedang melayani warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan. Foto (Gabrin Anggur/Nusantara TV)
Petugas pendataan dari Disdukcapil Manggarai Timur sedang melayani warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan. Foto (Gabrin Anggur/Nusantara TV)

Penulis: Gabriel Anggur

Nusantaratv.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur, Palang Merah Indonesia (PMI) Manggarai Timur, Klinik Pelayanan Kasih A dan A.Rahmat melakukan pelayanan dokumen kependudukan dan pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Benteng Pau, Kecamatan Elar Selatan, Sabtu (1/4/2023).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Manggarai Timur/ Theresia Wisang Agas mengatakan, pelayanan dokumen kependudukan dan pemeriksaan kesehatan langsung di tingkat desa merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai dengan Visi Misi Bupati dan  Wakil Bupati Manggarai Timur.

"Hari ini kami hadir disini untuk memberikan pelayanan yang berkaitan dengan hak sipil dan kesehatan masyarakat sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Manggarai Timur yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berdaya dan berbudaya. Maka dari poin ini kami hadir untuk membantu pemerintah dengan memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat di Desa Benteng Pau juga bisa sejahtera," ungkap Theresia.

Theresia menjelaskan/masyarakat akan sejahtera jika hak sipilnya yang berkaitan dengan kelengkapan dokumen kependukan dan hak mendapatkan pelayanan kesehatan sudah terpenuhi.

"Ketika hak sipil sudah terpenuhi sudah pasti warga merasa batinnya aman. Karena dokumen kependudukan tersebut warga bisa mendapatkan apa yang menjadi kebutuhannya termasuk mendapatkan pelayanan kesehatan seperti yang kami lakukan hari ini," katanya.

Senada dengan Ibu Theresia, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Manggarai Timur, Robertus Bonevantura mengatakan, pelayanan dokomen kependukan merupakan tugas pokok dari Disdukcapil untuk memenuhi hak-hak masyarakat.

Robertus menjelaskan, dokumen kependukan sangat penting manfaatnya bagi masyarakat karena menjadi syarat utama dalam mendapatkan pelayanan maupun bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

" Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur selalu berusaha agar semua masyarakat yang ada di Kabupaten Manggarai Timur khususnya yang ada di Desa Benteng Pau ini bisa memiliki dokumen kependudukan yang lengkap sehingga tidak lagi kesulitan dalam memperoleh bantuan dari pemerintah maupun kebutuhan-kebutuhan lain," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])