Pentingnya Pembekalan Kepada Generasi Muda untuk Menyambut Roadmap Negara Indonesia

Nusantaratv.com - 26 Agustus 2023

Direktur Hilirisasi Mineral dan Batubara, Hasyim bersama anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon
Direktur Hilirisasi Mineral dan Batubara, Hasyim bersama anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon bersama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal menggelar acara Diseminasi Publik Peta Jalan (Roadmap) Hilirisasi Investasi Strategis Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan di Rumah Aspirasi Sondang Tampubolon, Jakarta Timur, Sabtu (26/08/2023).

Sondang Tampubolon mengatakan, acara ini digelar sebagai bentuk sosialisasi terhadap program pemerintah soal hilirisasi mineral dan batu bara serta mewujudkan hilirisasi industri sebagai nilai tambah pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia.

Sondang juga menegaskan hal ini digaungkan karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya program hilirisasi industri yang sedang digencarkan oleh pemerintah. Sebab, sosialisasi ini juga sebagai bekal generasi muda dalam menyambut roadmap negara Indonesia dimasa depan agar tidak selalu menjadi penonton di negara sendiri.

"Ternyata memang betul ya, Jakarta saja masih belum mengerti konsep dari hilirrisasi yang dijelaskan oleh pak Presiden. Ini harus terus disosialisasikan untuk menyiapkan sumber daya manusia karena kita tidak mau hanya jadi penonton, kita tidak mau sumber daya manusia kita hanya menjadi buruh saja, tetapi harus bisa menjadi tenaga-tenaga ahli di dalamnya. Kalau mereka tidak mengerti bagaimana peta jalannya tentu saja mereka tidak akan bisa masuk ke dalam sana," ungkap Sondang Tampubolon.

"Kita harapkan sosialisasi ini membuat percepatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia, baik itu di Indonesia Timur maupun di Indonesia Barat, tidak hanya di Jawa sentris dan tentunya ini jangka panjang," ujar Sondang.

Sementara itu, Direktur Hilirisasi Mineral dan Batubara, Hasyim mengatakan, kegiatan diseminasi ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk menuju negara industrialisasi seperti yang di cita-citakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pada hari ini kami telah melaksanakan kegiatan diseminasi satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat bagaimana dukungan pemerintah kita menuju ke negara industrialisasi dan kita melihat bagaimana semangat pak presiden dalam meningkatkan hilirisasi," kata Hasyim.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close