Pengusaha Top Amnon Shashua: Israel Harus Segera Ganti Benjamin Netanyahu dan Pemerintahannya

Nusantaratv.com - 30 Oktober 2023

Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu. (Reuters)
Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantara.com - Pengusaha ternama Israel Amnon Shashua, mendesak agar Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu segera dilengserkan karena pemerintahannya bersalah atas 'kegagalan, disonansi dan ketidakmampuan'.

Hal itulah yang menyebabkan sejak orang-orang bersenjata Hamas menyeberang dari Gaza dalam serangan mematikan di kota-kota Israel selatan pada 7 Oktober 2023.

"Kami harus mengurangi kerugian kami dan melakukannya dengan cepat. Satu-satunya solusi terhadap situasi saat ini di Israel adalah mengganti pemerintah, dan hal ini harus segera dilakukan," tulis Shashua dalam sebuah opini di harian bisnis Calcalist, seperti dilaporkan Reuters, Minggu (29/10/2023).

Di sisi lain, Netanyahu menimbulkan keributan pada Minggu (29/10/2023) ketika menyerang kepala intelijennya, dengan mengatakan mereka tidak pernah memperingatkannya jika Hamas sedang merencanakan serangan, namun kemudian menarik kembali komentarnya dan mengeluarkan permintaan maaf.

Sementara kantor Nentanyahu, menolak mengomentari pernyataan Shashua.

Shashua, yang juga CEO perusahaan teknologi mobil self-drving Mobileye itu, mengatakan pemerintahan Netanyahu lebih mementingkan kelangsungan politiknya daripada 'kebaikan negara', sehingga dapat diganti tanpa mengadakan pemilu baru untuk meminimalkan gejolak politik, dengan pembentukan koalisi baru di dalam parlemen saat ini.

Netanyahu belum mengambil tanggung jawab atas kegagalan intelijen dan operasional, hanya mengatakan akan ada waktu untuk mengajukan pertanyaan sulit, termasuk tentang dirinya sendiri, setelah perang.

Para pejabat Israel mengatakan kejadian-kejadian menjelang dan termasuk penanganan serangan Hamas akan diselidiki, namun fokus saat ini adalah pada konflik tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])