Pengemis di Bogor Punya Cek Rp 1,35 Miliar, Asli?

Nusantaratv.com - 28 April 2023

Cek milik pengemis di Bogor. (Net)
Cek milik pengemis di Bogor. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor mengamankan seorang pengemis yang menyimpan selembar cek bertuliskan Rp 1,35 miliar. Di samping itu, terdapat uang tunai Rp 1,8 juta yang disimpan wanita bernama Tini itu di dalam kantong baju yang dijahit.

"Jadi setelah diperiksa barang-barangnya, kita temukan uang tunai sebesar Rp 1,8 juta itu disimpan di dalam kantong bajunya, kantong bajunya itu dijahit, mungkin supaya uangnya tidak tercecer. Kita juga temukan satu lembar cek (senilai) Rp 1,3 miliar," ujar Kabid Rehabilitasi Dinsos Kota Bogor Dody Wahyudin, Kamis (26/4/2023).

Ia sempat menunjukkan selembar cek beserta barang-barang lain yang disimpan Tini. Selembar cek yang disimpan Tini itu masih tampak rapi. Pada bagian pojok kiri atas tertulis logo dan nama bank dan di bagian tengahnya tertulis 'Satu Milyar Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah'.

Dody belum bisa memastikan darimana asal cek yang disimpan Tini. Pihaknya masih mendalami dan menunggu kondisi Tini agar bisa diajak berkomunikasi kembali.

"Kalau asalnya kita belum tahu dari mana, nggak tahu sudah expired atau punya orang jatuh, karena kan dia profesinya pemulung, antara dia nemu di jalan atau apa," tutur Dody.

Sementara, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F Haryn, mengatakan keaslian cek tersebut harus dicek langsung. Pihaknya siap berkoordinasi untuk pemeriksaan cek tersebut.

"Sehubungan dengan informasi ditemukannya cek senilai Rp 1,35 miliar di Bogor pada Kamis (27/4/2023), dapat kami sampaikan bahwa untuk memastikan keaslian warkat cek, harus dilakukan pemeriksaan informasi dan fisik warkat secara menyeluruh," ujar Hera. 

"BCA akan senantiasa terbuka untuk berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait. Pada kesempatan ini, kami juga mengimbau nasabah setia untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA. Jaga selalu kerahasiaan data Anda!" imbuhnya.

Sebelumnya, seorang pengemis dievakuasi petugas Dinsos Bogor dari Jembatan Panaragan, Kota Bogor. Ketika mengevakuasi pengemis tersebut, polisi menemukan uang ratusan ribu, buku tabungan, hingga cek senilai Rp 1,3 miliar.

Dalam video yang dilihat, tampak seorang perempuan paruh baya berkaus belang hitam sedang ditanyai petugas. Di hadapannya, terlihat setumpuk uang dan surat-surat berharga, seperti STNK, beberapa buku tabungan, ATM, hingga selembar cek senilai Rp 1,3 miliar.

Kabid Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Bogor Dody Wahyudin mengatakan wanita itu dievakuasi dari Jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pagi tadi. Wanita itu sudah beberapa kali diamankan Dinsos Bogor.

"Tadi pagi kami kembali mengevakuasi Bu Tini, warga Kabupaten Bogor, yang memang sudah tiga kali ini kita evakuasi. Jadi memang Bu Tini profesinya sebagai gelandangan dan pengemis, kita evakuasi karena Bu Tini selalu berada di sekitar jembatan penyeberangan di Panaragan," tandas Dody.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close