Pengamat: Anies Diuntungkan Jika Dipasangkan dengan Rano Karno

Nusantaratv.com - 26 Agustus 2024

Rano Karno. (Foto: Devi/Man/DPR RI)
Rano Karno. (Foto: Devi/Man/DPR RI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pengamat politik dari Universitas Andalas Padang Asrinaldi menyebutkan Anies Baswedan bakal meraup banyak dukungan jika dipasangkan dengan Mantan Gubernur Banten Rano Karno dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta.

"Kalau menghitung kekuatan karena memang popularitas penting, kompetensi dan ada segmentasi pemilihnya, yang lebih aman ya Rano Karno," kata Asrinaldi, dikutip dari Antara, Senin (26/8/2024).

Lebih lanjut, dia menilai, sosok Rano Karno tidak hanya dikenal kalangan warga Jakarta melainkan seluruh masyarakat Indonesia karena berlatar belakang sebagai seniman Betawi.

Tidak hanya itu, kepiawaian Rano Karno dalam dunia birokrat juga telah teruji kala menempati beberapa jabatan diantaranya Wakil Bupati Tangerang 2008-2011, Wakil Gubernur Banten 2012-2014 dan terakhir jadi Gubernur Banten pada 2015-2017.

Selain itu, status Rano Karno sebagai kader PDI Perjuangan juga membuat partai berlambang banteng moncong putih itu mempunyai kekuatan penuh lantaran tidak harus berkoalisi dengan partai manapun.

"Saya pikir ini menjadi kekuatan bagi PDIP perjuangan karena dia bisa mengusung sendiri dan yang lebih siap itu PDIP," tambah Asrinaldi.

Namun demikian, Asrinaldi juga menilai pasangan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono juga tidak bisa dianggap remeh lantaran memiliki rekam jejak baik di dunia pemerintahan.

Ridwan Kamil sendiri dinilai Asrinaldi cukup berhasil memimpin Bandung dan Jawa Barat (Jabar), sedangkan pasangannya yakni Suswono juga mempunyai pengalaman mumpuni kala menjabat sebagai Menteri Pertanian (Mentan) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Karenanya, Asrinaldi memastikan Pilkada Jakarta akan menjadi ladang pertempuran yang sengit karena mempertemukan pasangan berkualitas.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close