Penempel QRIS Palsu di Masjid-masjid Ternyata Pegawai Bank BUMN

Nusantaratv.com - 11 April 2023

Penempel QRIS palsu di kotak amal di berbagai masjid. (Merdeka)
Penempel QRIS palsu di kotak amal di berbagai masjid. (Merdeka)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polda Metro Jaya menangkap dan mengungkapkan sosok tersangka penempel barcode quick response code Indonesian standard (QRIS) palsu di kotak amal di berbagai masjid kawasan Jakarta. Tersangka bernama Mohammad Iman Mahlil Lubis (38) merupakan pria kelahiran Medan, serta berstatus mantan pegawai BUMN.

"Latar belakang yang bersangkutan pernah bekerja di salah satu bank BUMN. Terkait jumlah dan lainnya kita masih lakukan pendalaman dan akan diinformasikan lebih lanjut," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis saat pengungkapan kasus di Mapolda Metro Jaya, Selasa (11/4/2023).

Berdasarkan data dirinya, tertulis pada barang bukti terlihat pekerjaan tersangka sebagai karyawan BUMN. Hal itu sejalan dengan akun Linkedin Mohammad Iman Mahlil Lubis yang memiliki pengalaman kerja 11 tahun sebagai audit di perusahaan BUMN.

Mohammad Iman Mahlil Lubis kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selain tersangka, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa barcode QRIS yang dipakai tersangka bertuliskan “Restorasi Mesjid” dan satu jenis ponsel.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis mengatakan yang bersangkutan dikenakan Pasal 28 ayat (1) juncto Pasal 45 a ayat (1) dan atau Pasal 35 ayat juncto 51 a ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 80 dan Pasal 73 UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan atau Pasal 378 KUHP.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria terekam kamera CCTV mengganti barcode QRIS kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan pada Kamis (6/4/2023), pukul 10.37 WIB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close