Penembakan di Mal Kopenhagen Tewaskan 3 Orang, Pria Diduga Pelaku Ditangkap Polisi

Nusantaratv.com - 04 Juli 2022

Personel darurat tiba di mal Fields, setelah polisi Denmark mengatakan mereka menerima laporan penembakan di lokasi, di Kopenhagen, Denmark, pada 3 Juli 2022. (Ritzau Scanpix/Olafur Steinar Gestsson via Reuters)
Personel darurat tiba di mal Fields, setelah polisi Denmark mengatakan mereka menerima laporan penembakan di lokasi, di Kopenhagen, Denmark, pada 3 Juli 2022. (Ritzau Scanpix/Olafur Steinar Gestsson via Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sedikitnya tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan atau mal di Kopenhagen, Denmark pada Minggu (3/7/2022), kata polisi Denmark.

Disebutkan bila polisi telah menangkap seorang pria Denmark berusia 22 tahun dan menuduhnya melakukan pembunuhan.

Dikutip dari Reuters, Senin (4/7/2022), serangan itu mengguncang Denmark pada akhir pekan yang menyenangkan, tepat setelah menjadi tuan rumah tiga tahap pertama dari balap sepeda Tour de France

Lomba balap sepeda tersebut telah mengirim ratusan ribu orang Denmark yang bersorak ke jalan-jalan di seluruh negeri.

"Denmark dilanda serangan kejam pada Minggu malam. Beberapa tewas. Bahkan lebih banyak lagi yang terluka. Keluarga tak bersalah berbelanja atau makan di luar. Anak-anak, remaja dan dewasa," kata Perdana Menteri Mette Frederiksen dalam pernyataannya pada Minggu (3/7/2022) malam waktu setempat.

"Ibukota kami yang indah dan biasanya begitu aman berubah dalam hitungan detik. Saya ingin mendorong Denmark untuk berdiri bersama dan saling mendukung di masa sulit ini," lanjutnya.

Polisi Kopenhagen mengatakan petugas bersenjata dikirim ke mal Field di ibukota negara itu pada Minggu (3/7/2022) sore waktu setempat setelah laporan penembakan, dan telah mengatakan kepada orang-orang di dalam untuk tetap tinggal dan menunggu bantuan. 

Rekaman media lokal menunjukkan sejumlah pembeli ketakutan berlarian dari mal. Pelaku ditangkap pada pukul 17.48 waktu setempat dengan membawa senapan dan amunisi.

"Kami akan melakukan penyelidikan besar-besaran dan kehadiran operasional besar-besaran di Kopenhagen sampai kami dapat mengatakan dengan pasti: Dia sendirian," kata Thomassen.

Dia menambahkan penembak telah membunuh seorang pria berusia empat puluhan dan dua anak muda, seorang pria dan seorang wanita. Beberapa lagi terluka, dan di antara mereka tiga dalam kondisi kritis.

"Penyelidikan sejauh ini tidak mengarah pada motif rasis atau sebaliknya, tetapi ini bisa berubah," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close