Pendakian Gunung Salak-Kawah Ratu Ditutup

Nusantaratv.com - 13 Desember 2023

Gunung Salak. (Net)
Gunung Salak. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) menutup sementara aktivitas pendakian Gunung Salak dan Kawah Ratu. Ini diberlakukan dengan batas waktu yang belum dapat ditentukan.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Nomor SE.4772/T.14/TU/KSA.3.1/12/2023, yang ditetapkan pada 8 Desember 2023 oleh kepala Balai TNGHS. Kepala Resor Kawah Ratu Gungun Ganjar Gunawan membenarkan kabar tersebut.

"Iya mulai tanggal 15 Desember 2023 ditutup sementara, khusus pendakian Puncak Salak dan area Kawah Ratu," ujar Gungun, Rabu (13/12/2023).

Dalam surat edaran dijelaskan, Balai TNGHS telah menerbitkan prosedur operasi standar (SOP) terkait tata cara dan petunjuk pendakian Gunung Salak dan Kawah Ratu. SOP itu ditujukan untuk memenuhi ketentuan keselamatan pengunjung dan ekosistem hutan.

Berdasarkan SOP itu, Balai TNGHS memutuskan menutup sementara pendakian Gunung Salak dan objek wisata Kawah Ratu. Alasannya, dalam rangka pemulihan kembali ekosistem hutan pada jalur pendakian puncak Gunung Salak dan Kawah Ratu.

"Salah satu pertimbangan penutupan sesuai keputusan pimpinan adalah adanya gejala alam yang terjadi dan biasa di akhir bulan Desember itu intensitas curah hujan tinggi. Dan, sudah menjadi tradisi di akhir tahun sampai awal tahun baru giat wisata alam pendakian dan Kawah Ratu ditutup sementara, untuk keperluan pemulihan ekosistem," jelasnya.

Selain dua alasan tersebut, pihaknya juga mempertimbangkan pernyataan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang menyebut jika aktivitas gempa Gunung Salak telah meningkat sebanyak empat kali kejadian per hari.

"Ya (pernyataan PVMBG) menjadi pertimbangam penting juga, apalagi terkait keselamatan para pengunjung," katanya.

Pihaknya meminta kebijakan tersebut ditaati oleh para pendaki maupun unsur masyarakat lainnya, demi keselamatan dan kenyamanan. Dia meminta agar para pendaki tidak nekat untuk mendaki gunung selama masa penutupan.

"Para pengunjung agar selalu mengutamakan keselamatan dan selalu mengikuti peraturan pemerintah yang sudah menjadi ketentuan yang berlaku," tandasnya.

Penutupan sementara pendakian ke Gunung Salak dan Kawah Ratu diberlakukan mulai 15 Desember 2023, pukul 00.00 WIB, mengutip Detikcom. Dalam surat edaran disebutkan, penutupan berlaku hingga kondisi memungkinkan untuk dibuka kembali.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close