Pendaftaran PPK Pemilu 2024 Di Surabaya Hari kedua Tembus 441 Orang

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Helpdesk KPU Kota Surabaya menerima pendaftaran PPK di Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman 87 Kota Surabaya. ANTARA/HO-KPU Surabaya
Helpdesk KPU Kota Surabaya menerima pendaftaran PPK di Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman 87 Kota Surabaya. ANTARA/HO-KPU Surabaya

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 secara daring melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) pada hari kedua pendaftaran di Kota Surabaya, Jatim, tembus 441 orang.

"Jumlah pendaftar kemungkinan akan terus bertambah," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Subairi di Surabaya, Selasa.

Data yang diperoleh dari Helpdesk KPU Kota Surabaya di Jalan Adityawarman 87 Surabaya menyebut jumlah pendaftar hari pertama, Minggu (20/11) hingga pukul 16.00 WIB sebanyak 176 orang, sedangkan pada hari kedua Senin (21/11) hingga pukul 16.00 WIB bertambah hingga menjadi 441 orang.

"Jumlah tersebut, termasuk yang datang ke Helpdesk, dibantu dan diarahkan untuk melakukan pendaftaran secara daring oleh petugas," ujarnya.

Subairi mengatakan bahwa animo masyarakat dalam pendaftaran badan ad hoc PPK cukup antusias. Bahkan, hampir seluruh pendaftar melakukan pendaftaran secara daring melalui laman www.siakba.kpu.go.id.

"Ada beberapa pendaftar yang datang ke kantor helpdesk. Kami bantu dan diarahkan untuk melakukan pendaftaran secara daring, bisa langsung ditempat dengan fasilitas lengkap," kata Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) KPU Kota Surabaya ini.

Dikatakan bahwa pendaftar yang datang ke Kantor Helpdesk KPU Kota Surabaya dilayani secara maksimal. Beberapa petugas disiapkan untuk membantu mengarahkan dan membantu pendaftaran secara daring. Fasilitas penunjang yang ada di helpdesk lengkap mulai dari komputer, scanner, printer, hingga jaringan internet.

"Fasilitas yang tersedia untuk pendaftar agar mereka bisa mendaftar sendiri secara langsung. Petugas kami membantu mengarahkan saja, serta melayani secara maksimal," kata Bairi panggilan lekatnya.

Bagi peserta yang akan daftar, lanjut dia, dipersilakan dilakukan secara daring dengan akses laman SIAKBA. Adapun syarat-syaratnya sudah ada dalam pengumuman, diunggah melalui laman dan media sosial KPU Kota Surabaya.

Berikutnya, terhitung Selasa (21/11) hingga Kamis (1/12) sudah mulai memasuki tahapan penelitian administrasi calon anggota PPK Pemilu 2024. Dalam tahapan ini, akan dilakukan penelitian terhadap syarat administrasi yang diunggah secara daring oleh pendaftar, di antaranya seperti ijazah, KTP, foto, surat keterangan sehat, dan daftar riwayat hidup.

"Dengan sudah dimulai tahapan penelitian administrasi, minimal jumlah pendaftar sudah mulai kelihatan. Dua hari saja sudah mencapai 441 orang," kata dia.

Sementara itu, Yulianto, salah satu calon pendaftar asal Kecamatan Tandes yang hadir di Kantor Helpdesk KPU Kota Surabaya mengatakan bahwa pendaftaran PPK Pemilu 2024 ini cukup mudah. Cukup dengan syarat-syarat yang lengkap bisa langsung mendaftar secara daring. Ditambah lagi tidak adanya aturan pembatasan umur dan periodisasi.

"Fasilitas helpdesk juga sangat membantu, bahkan syarat-syarat juga bisa langsung minta tolong di-scan di tempat. Intinya semua serba dipermudah," ujar Yulianto.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close