Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 Resmi Dibuka, Tersedia Kuota 500 Ribu Peserta 

Nusantaratv.com - 17 Februari 2022

Program Kartu Prakerja/ist
Program Kartu Prakerja/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Program Kartu Prakerja Gelombang 23 resmi dibuka. Pada gelombang kali ini, pemerintah membuka kuota peserta hingga 500 ribu orang dan akan memprioritaskan sejumlah daerah agar mendapat kuota peserta. 

Program insentif bagi pencari kerja dan wiraswasta tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya menyatakan Kartu Prakerja Gelombang 23 resmi di buka. Sekali lagi selamat mengikuti program Kartu Prakerja, mari melangkah lebih siap dari sekarang," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (17/2/2022).  

Airlangga menjelaskan pada gelombang kali ini akan membuka kuota peserta hingga 500 ribu orang dan akan memprioritaskan sejumlah daerah agar mendapat kuota peserta. Hal ini dilakukan guna mencapai tujuan pemerintah untuk menurunkan kemiskinan ekstrem di 220 kabupaten dan kota.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka Februari 2022, Hanya di Situs Resmi

Diketahui, Kartu Prakerja sejak dirilis April 2020 telah menerima 11,4 juta peserta dalam 22 gelombang. Sebagian besar peserta mengaku belum pernah mengikuti pelatihan dan Kartu Prakerja menjadi yang pertama kali diikuti.

"Sebanyak 87 persen penerima belum pernah mengikuti pelatihan dan mereka mendapat pelatihan secara daring dengan Prakerja. Feedback-nya, peserta memberikan skor 4,9 dari 5, itu artinya Kartu Prakerja sudah sesuai dengan minat, kebutuhan dan harapan peserta," ujar Airlangga, mengutip CNNIndonesiacom.

"Seluruh peserta yang nantinya terpilih untuk sesegera mungkin memilih pelatihan yang ingin diikuti," imbuhnya.  

Ia mengklaim Kartu Prakerja memiliki dampak yang positif bagi produktivitas dan pendapatan peserta. Program tersebut juga dinilai dapat mendorong ketahanan pangan, finansial, dan inklusi keuangan di tengah masyarakat.

Bagi yang berminat dan ingin menjadi peserta program Kartu Prakerja. Pendaftaran Kartu Prakerja dapat diakses melalui www.prakerja.go.id.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])