Penampakan RS Unair yang Retak Usai Gempa M 6,5 di Tuban

Nusantaratv.com - 23 Maret 2024

Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Gempa hebat melanda Jawa Timur, dimulai dari Tuban dengan gempa awal berkekuatan 6,0 Magnitude yang menggemparkan wilayah Lamongan, Gresik, hingga Surabaya.

Gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang wilayah Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat sore, memicu evakuasi cepat dari Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair). Pasien-pasien yang sedang menjalani perawatan terpaksa dievakuasi ke luar gedung untuk menjaga keselamatan mereka. Kerusakan merata, termasuk bangunan RS Unair yang terlihat rusak parah dan bagian lainnya hancur.

(Foto: Tangkap layar TikTok/arini.suryadi79)

Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik Unair, Martha Kurnia Kusumawardani, mengonfirmasi bahwa evakuasi tersebut dilakukan setelah pihak rumah sakit berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya. Namun, seiring dengan peningkatan situasi, pasien-pasien tersebut telah dimasukkan kembali ke kamar perawatan.

"Pasien yang telah dievakuasi ke luar gedung, secara bertahap sejak sore tadi telah dimasukkan kembali ke dalam kamar perawatan rumah sakit dengan tetap mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi," kata Martha, dilansir dari Antara (23/3/2024).

RS Unair memiliki prosedur baku yang dijalankan ketika terjadi gempa bumi, dikenal sebagai "Code Green". Dalam situasi ini, pasien dan pengunjung dievakuasi dari gedung rumah sakit untuk menghindari kemungkinan risiko yang tidak diinginkan, terutama bagi pasien yang sedang dalam perawatan intensif.

(Foto: Antara)

"Kami telah melaksanakan langkah-langkah penanganan sesuai dengan SOP terkait bencana gempa bumi, termasuk dalam mengamankan pasien dan pasien rentan, seperti bayi. Kami juga telah memastikan bahwa tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penculikan bayi dan anak (code Pink) serta pasien ICU," tambahnya.

Martha menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan bahwa tidak ada insiden yang signifikan terjadi selama proses evakuasi dan kembalinya pasien ke ruang perawatan. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat gempa bumi ini di RS Unair.

"RS Unair selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik termasuk keamanan pasien saat terjadi bencana," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close