Pemprov Sumsel Gelar Lomba Kadarkum Dorong Kesadaran Hukum Remaja

Nusantaratv.com - 16 November 2022

Gubernur Sumsel Herman Deru membuka Lomba Kadarkum tingkat pelajar SLTA di Palembang, Rabu (16/11). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)
Gubernur Sumsel Herman Deru membuka Lomba Kadarkum tingkat pelajar SLTA di Palembang, Rabu (16/11). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Lomba Kadarkum tingkat pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Palembang, 16-17 November 2022, untuk mendorong kesadaran hukum para remaja.

Gubernur Sumsel Herman Deru saat membuka kegiatan di Palembang, Rabu, mengatakan kesadaran hukum ini perlu ditingkatkan untuk para remaja karena saat ini penduduk Indonesia didominasi para kaum muda.

“Nanti pada 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Apa jadinya jika para kaum muda kita tak sadar hukum,” kata dia.

Tentunya, ini menjadi ancaman karena warga yang tak taat terhadap hukum akan mengganggu tata kelola dalam bernegara serta menurunkan dana saing negara.

Oleh karena itu, pemprov kembali menghidupkan program kesadaran hukum (Kadarkum) ini setelah sempat mati suri.

Pada kegiatan yang digelar di SMA Negeri 1 Palembang ini, Herman Deru mengatakan pemprov mengharapkan warga Sumsel akan menjadi warga yang sadar dan taat aturan hukum.

Untuk itu, ia mengharapkan semua pihak berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran hukum ini, yang dapat dimulai dari keluarga.

“Mungkin tahap awal dilakukan lomba untuk tingkat SMA, nanti digelar dari tingkat SD hingga perguruan tinggi,” kata dia.

Sebanyak 170 orang peserta perwakilan dari 17 kabupaten/kota di Sumsel mengikuti kegiatan ini dengan materi lomba meliputi UUD Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah terkait pemberantasan tindak pidana terorisme.

Kemudian, UUD Nomor 21 tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan UUD Nomor 11 tahun 2011 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close