Pemprov Sulsel Tanam Jeruk Selayar di Lahan 339 Hektare

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Bibit Jeruk Selayar siap ditanam untuk mengembalikan kejayaan komoditas tersebut di Sulawesi Selatan.ANTARA/HO
Bibit Jeruk Selayar siap ditanam untuk mengembalikan kejayaan komoditas tersebut di Sulawesi Selatan.ANTARA/HO

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan telah menanam jeruk keprok di lahan seluas 339 hektare di Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai upaya mengembalikan kejayaan Jeruk Selayar.

Tanaman yang dikenal dengan nama Munte Cina merupakan tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat Kepulauan Selayar sejak tahun 1925 dan menjadi salah satu tanaman unggulan.

"Dalam program prioritas pengembangan jeruk keprok Selayar ini, kita telah melampaui target luas tanam baru dari 331 hektare, dengan realisasi saat ini sudah ditanam di lahan seluas 339 hektare," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangan resminya di Makassar, Kamis.

Andi Sudirman Sulaiman dalam kunjungan kerjanya di Selayar juga menyempatkan melakukan penanaman bibit jeruk keprok Selayar yang ke 100 ribu, di Masjid Agung Al-Umaraini.

Penanaman itu, sebagai wujud program prioritas Gubernur Sulsel untuk mengembalikan kejayaan Jeruk Keprok.

"Insya Allah, penanaman ini akan dilanjutkan dengan Gerakan Tanam 1 Pohon Jeruk, 1 KK akan kita teruskan, sehingga dapat mengembalikan kejayaan jeruk keprok, yang akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya

Jeruk Selayar sangat identik dengan cita rasa spesifik yaitu manis segar dengan rasa asam di ujungnya, aromanya harum, tekstur dagingnya padat dan karakter kulit yang mudah dikupas dengan bagian dalam jeruk.

Tahun 70-80an sempat mencapai kejayaan, dimana pada saat itu produksinya melimpah dan harganya yang kompetitif.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan telah mengalokasikan sejumlah bibit jeruk keprok, yang telah menyebar pada lima kecamatan dengan rincian sebagai berikut.

Untuk Kecamatan Buki (19.270 Pohon-52,64 Ha), Kecamatan Bontomatene (55.170 Pohon-157,22 Ha), Kecamatan Bontomanai (22.200 Pohon-70,49 Ha), Kecamatan Bontoharu (1.500 Pohon-5,21 Ha), dan Kecamatan Bontosikuyu sebanyak 18.415 pohon di lahan seluas 53,45 Ha.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close