Pemprov Sulsel Siapkan Rp22,6 Miliar Tangani Poros Lette-Kariango

Nusantaratv.com - 30 Mei 2023

Ruas jalan dan jembatan Letta-Kariango, Kabupaten Pinrang yang sedang ditangani tahun 2023 untuk perbaikan akses. ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel
Ruas jalan dan jembatan Letta-Kariango, Kabupaten Pinrang yang sedang ditangani tahun 2023 untuk perbaikan akses. ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan bantuan keuangan senilai Rp22,6 miliar tahun anggaran 2023 untuk menangani jalan dan jembatan di ruas Letta-Kariango, Kabupaten Pinrang.

Penanganan jalan dan jembatan ini merupakan program prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Apalagi sempat terjadi kejadian ibu hamil yang meninggal dunia di jalan karena akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Jika masih ingat ibu hamil meninggal ditandu sejauh tujuh kilometer karena akses tidak dilalui roda empat. Alhamdulillah kini progres pembangunan jalan ruas Letta Kariango dan enam unit jembatan di Kecamatan Lembang sedang dikerjakan melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel,” ungkap Gubernur Andi Sudirman di Makassar, Selasa.

Ia mengapresiasi Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid beserta jajarannya yang sigap dalam melaksanakan pekerjaan ini.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat agar pengerjaannya dilancarkan,” katanya.

Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pinrang Awaluddin Maramat menyampaikan bahwa kontrak berjalan lebih dari sebulan.

“Saat ini progres pekerjaan sekitar 20 persen,” katanya.

Lokasi pengerjaan, kata dia, jauh dari perkotaan dan membutuhkan waktu sekitar dua jam dari kota untuk ke lokasi, sedangkan wilayahnya di area pegunungan.

“Ada enam unit jembatan yang akan dibangun dan 4,2 km akan dirintis serta 1,2 km yang akan dilakukan peningkatan jalan dalam bentuk pengerasan beton,” katanya.

Target pengerjaan ruas jalan ini ialah jembatan dan jalan telah bisa diakses kendaraan roda empat ke Desa Kariango.

“Wilayahnya di area pegunungan. Sebelum pengerjaan, cuma bisa dilalui kendaraan roda dua. Mudah-mudahan dengan selesainya kegiatan ini, maka akses ke Desa Kariango bisa diakses dengan kendaraan roda empat,” ujarnya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])